Kompas.com - 26/10/2021, 10:56 WIB
Ada beberapa nutrisi untuk usia 50 tahun ke atas yang penting untuk dipenuhi. PEXELS/ALENA DARMELAda beberapa nutrisi untuk usia 50 tahun ke atas yang penting untuk dipenuhi.

KOMPAS.com - Memenuhi kebutuhan nutrisi sangat penting untuk setiap fase kehidupan demi memastikan tubuh tetap sehat dan bugar, termasuk ketika menginjak usia 50 tahun.

Co-founder perusahaan komunikasi kesehatan Appetite for Health, Katherine Brooking, RD, misalnya, mengatakan kepada Eat This Not That bahwa studi menemukan bahwa asupan nutrisi yang cukup akan berdampak terhadap kondisi fisik, kognitif, kesehatan tulang, kesehatan mata, fungsi pencernaan, fungsi vaskular, dan sistem kekebalan tubuh.

Sayangnya, menjaga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi bukanlah hal yang mudah.

Menurut Liz Weiss, RDN dari Liz's HealthyTable mengatakan hal itu disebabkan salah satunya karena orang yang lebih tua memiliki risiko defisiensi nutrisi yang lebih tinggi, termasuk B12.

Salah satunya karena banyak orang tua mengonsumsi obat-obatan. Obat-obatan tertentu dapat mengganggu penyerapan nutrisi, sedangkan obat lainnya dapat menekan napsu makan sehingga nutrisi yang diasup lebih sedikit.

Baca juga: 7 Risiko Kesehatan yang Perlu Diwaspadai Orang di Atas 50 Tahun

Nutrisi untuk usia 50 tahun ke atas

Berikut beberapa nutrisi untuk usia 50 tahun ke atas yang kecukupannya perlu dijaga untuk membantu mencegah defisiensi nutrisi dan menjaga tubuh tetap bugar:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Vitamin B6

vitamin B6 menjadi salah satu nutrisi penting untuk segala usia.  Bisa didapatkan dari tuna.PIXABAY/YUNA KIM vitamin B6 menjadi salah satu nutrisi penting untuk segala usia. Bisa didapatkan dari tuna.
Untuk pria, targetkan asupannya sekitar 1,7 mg per hari, sementara wanita 1,5 mg prr hari.

Vitamin B6 membantu tubuh menggunakan makanan sebagai bahan bakar dan memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, itulah mengapa vitamin B6 menjadi salah satu nutrisi penting untuk segala usia.

Namun, setelah usia menginjak 50 tahun, tubuh akan lebih sulit untuk menyerap nutisrisi.

Selain itu, orang berusia 50 tahun tahun ke atas juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan yang mengandung nutrisi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.