Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2022, 11:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih. Minuman ini juga diketahui dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Tergantung pada jenisnya, teh merupakan pilihan minuman yang baik untuk kesehatan kita, terutama untuk kesehatan usus.

"Hampir sama dengan kopi, teh juga mengandung kafein dan berbagai agen anti-inflamasi maupun antioksidan," kata ahli gastroenterologi, Dr Niket Sonpal, MD.

Manfaat teh bagi kesehatan usus

Meski demikian, perbedaan kopi dan teh memang muncul dalam hal kadar kafein.

Ketika orang-orang menegaskan bahwa beberapa jenis teh terasa lebih enak di perut daripada kopi, Dr Sonpal mencatat bahwa ini adalah hasil dari varietas teh yang kurang berkafein, yang cenderung memiliki dampak yang lebih kecil pada usus kita.

Tentu saja, teh berkafein juga memiliki manfaat kesehatan yang dan unik.

"Saat kita minum teh hijau atau matcha, maka kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang melampaui kopi," ujar Dr Sonpal.

Hal ini disebabkan karena daun teh hijau mengandung antioksidan L-theanine, yang menurut penelitian memiliki sifat pelindung saraf, mengurangi risiko demensia, dan juga membantu meningkatkan memori kerja, perhatian, serta fungsi eksekutif.

Baca juga: Rajin Minum Teh Hijau Memperpanjang Umur

Selain itu, menurut Dr Sonpal, beberapa teh herbal seperti teh jahe juga dapat memiliki efek yang sangat menenangkan pada usus kita.

"Jahe dapat membantu meredakan gangguan pencernaan, sehingga secangkir teh jahe dapat memiliki efek menenangkan pada gas, sindrom iritasi usus besar, dan ketidaknyamanan umum," tambahnya.

Kemudian, memilih teh dengan campuran jahe, kunyit, dan lengkuas juga sangat ideal untuk pencernaan kita.

Sementara jahe dapat membantu menenangkan usus, kunyit adalah agen anti-inflamasi alami, dan akar lengkuas mengandung banyak antioksidan.

Teh fermentasi

Selain teh hijau atau teh herbal, teh yang difermentasi juga hadir dengan sejumlah manfaat kesehatannya, terutama bagi usus kita.

"Makanan atau minuman fermentasi biasanya menawarkan prebiotik, probiotik, dan asam organik yang sehat — alias postbiotik — untuk mikrobioma," kita jelas Chief Mission Officer dan Co-Founder Health-Ade, Daina Trout.

"Dengan dukungan usus yang lebih baik, kita bisa mendapatkan peningkatan energi, kekebalan, dan suasana hati yang lebih baik," terangnya.

Di samping itu, teh fermentasi juga dapat membantu meningkatkan produksi butyrate atau jenis bakteri baik yang memainkan berbagai peran penting dalam tubuh kita.

"Butyrate membantu meningkatkan integritas sel lapisan usus kita, sehingga dapat mencerna lebih baik, meningkatkan produksi glutathione antioksidan kuat, dan meningkatkan pengelolaan gula darah," kata Trout.

Mengingat butyrate itu juga membantu meningkatkan pelepasan dopamin, Trout mencatat bahwa teh yang difermentasi juga dapat memiliki efek untuk meningkatkan suasana hati yang lebih baik.

Baca juga: Mengenal Kombucha, Teh Fermentasi yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com