Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2022, 07:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber nytimes

KOMPAS.com - Jarang membersihkan gigi mungkin bisa menjadi penyebab paling utama kerusakan gigi.

Namun, mengonsumsi makanan maupun minuman yang dapat mengikis enamel gigi juga berperan besar mengakibatkan terjadinya kerusakan.

Menurut dokter gigi anak dan ahli mikrobiologi di University of North Carolina di Chapel Hill, Dr Apoena de Aguiar Ribeiro, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan saat menilai seberapa buruk makanan dan minuman bagi kesehatan gigi, yaitu komposisi dan kualitasnya.

"Di dalam mulut kita hidup lebih dari 700 spesies bakteri yang bermanfaat dan berbahaya," kata dia.

"Bakteri berbahaya memecah gula dari makanan dan minuman yang mengubahnya menjadi asam, lalu seiring waktu dapat menarik mineral penting dari gigi dan menyebabkan gigi berlubang," sambung dia.

Baca juga: Cara Mencegah Sakit Gigi Sering Kambuh di Musim Hujan

Apabila kita tidak berhati-hati dalam membersihkannya, bakteri juga dapat membentuk lapisan lunak, atau plak pada permukaan gigi yang bisa memperburuk keasaman tersebut dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi lebih banyak bakteri untuk berkembang biak.

Jika plak gigi tumbuh dan cukup mengeras, itu bisa berubah menjadi karang gigi yang bisa mengiritasi gusi dan menyebabkan radang gusi.

Makanan dan minuman yang merusak gigi

Dokter de Aguiar Ribeiro mengatakan, makanan dan minuman manis, terutama yang mengandung sukrosa seperti kue kering, konsentrat jus buah, dan soft drink sangat buruk bagi gigi karena memungkinkan bakteri berbahaya berkembang.

Selain itu, makanan apa pun yang lengket atau kenyal — seperti permen karet, buah-buahan kering — yang tersangkut di sudut dan celah gigi juga akan memproduksi asam selama berjam-jam setelah kita makan.

Namun, meskipun beberapa buah segar, sayuran, atau makanan bertepung — seperti jeruk, kentang, nasi, atau bahkan pisang — dianggap buruk karena mengandung gula atau asam yang merusak gigi, makanan ini juga mengandung nutrisi yang akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara itu, untuk minuman tertentu seperti soft drink manis, jus, minuman berenergi, dan milkshake juga merupakan faktor perusak gigi lainnya yang perlu dihindari.

Baca juga: Sakit Gigi Lebih Sering Kambuh di Musim Hujan, Mengapa?

"Gigi kita mulai rusak ketika tingkat asam di mulut turun di bawah pH 5,5," kata seorang profesor kedokteran gigi anak di University of North Carolina di Chapel Hill, Dr Rocio Quinonez.

"Dan soft drink cenderung memiliki pH sekitar 3 sampai 4," sambung dia.

Tak hanya minuman berkarbonasi, kopi dan minuman beralkohol yang sering dikonsumsi dengan sirup dan tambahan gula memiliki dampak yang buruk bagi gigi kita.

Tetapi, selama kita rutin menyikat gigi dua kali sehari (sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur), serta flossing setiap hari, manfaat nutrisi dari makanan tersebut akan lebih besar daripada risiko kerusakan gigi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com