Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Manfaat Minyak Zaitun, Cegah Penyakit Jantung, Stroke, hingga Kanker

Kompas.com - 01/11/2022, 12:04 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Rutin mengonsumsi minyak zaitun adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan sekaligus menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Minyak zaitun adalah minyak nabati yang diambil dari ekstraksi buah zaitun dan menjadi makanan wajib dalam diet Mediterania yang disebut-sebut bermanfaat untuk umur panjang.

Minyak zaitun baik untuk kesehatan tubuh karena makanan ini mengandung banyak nutrisi yang dapat diasup tubuh dalam sekali makan.

Di dalam makanan tersebut terkandung omega 3, omega 6, antioksidan, lemak tak jenuh tunggal, kalsium, zat besi, vitamin E, termasuk vitamin K.

Baca juga: Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat minyak zaitun

Apabila orang menambahkan minyak zaitun ke dalam pola makan sehari-hari, ada banyak manfaat kesehatan yang dapat mereka rasakan.

Berikut berbagai manfaat yang bisa dirasakan tubuh ketika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin. Mau tahu?

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat yang menarik perhatian orang sehingga mereka mengonsumsi minyak zaitun karena makanan ini dapat menjaga kesehatan jantung.

Tapi, disarankan untuk mengasup extra virgin olive oil (EVOO) supaya sistem peredaran darah dapat merasakan manfaat dari makanan ini.

Pasalnya, EVOO berguna untuk menurunkan peradangan, melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, dan memperbaiki lapisan pembulih darah untuk mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

Studi juga mendapati temuan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi kebutuhan orang untuk mengonsumsi obat tekanan darah hingga 48 persen.

Ada pun, menurunkan tekanan darah menjadi salah satu faktor yang berisiko menyebabkan penyakit jantung dan kematian dini.

Manfaat minyak zaitun untuk menurunkan tekanan darah terungkap dalam studi Clinical Nutrition yang dipublikasikan tahun 2004 silam.

2. Melawan penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer diduga disebabkan oleh penumpukan protein yang tidak normal di dalam dan di sekitar sel-sel otak.

Untungnya, kondisi ini dapat dilawan dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun.

Di samping itu, sebuah studi juga menunjukkan manfaat menjalani diet Mediterania yang kaya minyak zaitun untuk fungsi otak.

Manfaat tersebut terungkap dalam studi Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry yang dipublikasikan tahun 2013.

Baca juga: 8 Kebaikan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Manfaat yang tidak kalah menariknya dari mengonsumsi minyak zaitun adalah makanan ini dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Beberapa studi mengaitkan kegunaan minyak nabati tersebut untuk memengaruhi tingkat gula darah dan sensitivitas insulin.

Salah satu studi yang membahas lebih lanjut tentang manfaat minyak zaitun terhadap diabetes tipe 2 adalah studi Diabetes Care tahun 2009.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com