Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2023, 08:43 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Tubuh bugar merupakan syarat mutlak untuk tetap produktif saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kita bisa menjaga kebugaran dengan berbagai cara, seperti menjaga pola makan sehat, cukup istirahat, berolahraga, serta mengonsumsi suplemen.

Nah salah satu suplemen yang kerap dipilih untuk menjaga kesehatan adalah madu, misalnya madu manuka yang merupakan jenis madu asal Australia dan Selandia Baru.

Pada madu manuka, cairan yang dihasilkan oleh lebah monofloral ini kerap disebut bermanfaat bagi orang yang menjalani puasa karena memiliki khasiat umum seperti menjaga daya tahan tubuh secara alami.

Baca juga: Mengenal Madu Manuka, Adakah Efek Sampingnya?

Manfaat madu manuka

Konsumsi madu manuka idealnya dilakukan sebanyak dua kali sehari saat puasa, yakni waktu sahur dan berbuka.

Madu manuka mempunyai indeks glikemik rendah yang bisa menjaga kestabilan gula darah. Oleh karena itu, madu ini dikatakan bisa diminum saat sahur oleh penderita gula darah tinggi seperti pasien diabetes demi meminimalisir lonjakan gula darah ketika berpuasa.

Di sisi lain, madu manuka juga mengandung glukosa dan fruktosa yang dapat membantu mengembalikan energi, yang hilang setelah berpuasa, sehingga cocok dikonsumsi setelah berbuka.

Madu manuka juga diyakini dapat membantu sejumlah organ tubuh beradaptasi dengan perubahan pola makan yang terjadi selama satu bulan berpuasa.

Sifat anti-inflamasi madu manuka mempunyai kemampuan mengatasi masalah pencernaan macam perut kembung yang acap dialami saat menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, madu manuka juga disebut memiliki efek prebiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan bakteri baik di usus dan menangkal berbagai risiko penyakit pencernaan.

Lalu, kandungan triptofan pada madu manuka mampu mendongkrak tingkat produksi hormon melatonin yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur.

Bahkan, studi dalam Archives of Psychiatric Nursing yang dilakukan pada tahun 2015 menyatakan bila salah satu jenis asam amino ini dapat meningkatkan suasana hati.

Istimewanya, madu dari nektar pohon Manuka (Leptospernum scoparium) ini juga digunakan untuk penyembuhan luka hingga menjadikan kulit glowing, serta menjaga kesehatan gigi serta mulut.

Baca juga: Berbagai Khasiat Madu Manuka, Termasuk Membantu Menyembuhkan Batuk Pilek

Cermat memilih madu asli

Madu manuka dari Comvita Madu manuka dari Comvita
Layaknya berbagai produk lain yang banyak diburu karena sedang ‘musim’ atau memang selalu diincar karena manfaatnya, madu juga tidak lepas dari kemungkinan untuk dipalsukan.

Karenanya, penting bagi kita untuk mempertimbangkan sejumlah faktor sebelum membawa pulang madu ke rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com