Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chipotle Series, Menu Baru yang Sehat dan Seimbang dari SaladStop!

Kompas.com - 14/06/2023, 20:45 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makanan dengan nutrisi yang seimbang sangat penting bagi tubuh kita tidak hanya untuk menunjang kesehatan, tetapi juga energi saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Maka, porsi nutrisi yang diperlukan tubuh harus sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG), yang mengikuti pola porsi makan dalam satu piring dengan komposisi yang baik.

Dokter spesialis gizi klinik, Dr Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM mengungkapkan, saat ini pola makan masyarakat Indonesia masih belum seimbang karena kurang mengonsumsi serat dari sayur dan buah.

"Jika dulunya kita mengenal empat sehat lima sempurna, seiring waktu konsep tersebut sudah kurang relevan," terangnya di gerai SaladStop! Central Market PIK, Jakarta Utara, Selasa (13/6/2023).

"Padahal, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan agar porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring itu harus terdiri dari 50 persen sayur dan buah, serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein," jelas dia.

Bahkan, menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, sebanyak 95 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur-sayuran.

"Itu jumlahnya lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang masih di angka 93 persen," ujar Marya.

Meski begitu, menu makanan setiap orang bisa saja tidak sama karena kebutuhan gizi yang berbeda-beda.

"Apa yang dibutuhkan satu orang tidak sama dengan yang dibutuhkan oleh orang lain," kata Marya.

"Umumnya untuk wanita Indonesia membutuhkan kalori 1200-1500, sementara pria Indonesia membutuhkan 1600-1800 kalori, dan semua itu juga tergantung pada aktivitas hariannya," sambung dia.

Tapi sebisa mungkin, ia melanjutkan, isi piring kita itu seperempatnya protein dan setengahnya serat dari sayur maupun buah.

"Sebab, jika kelebihan kalori itu akan menimbulkan efek obesitas. Tetapi defisit kalori juga tidak baik karena kita bisa kekurangan energi. Jadi, makanan itu tetap harus seimbang nutrisinya," tutur Marya.

SaladStop! menghadirkan menu baru Chipotle Series untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pilihan makanan yang lebih sehat dan seimbang.Ryan Sara Pratiwi SaladStop! menghadirkan menu baru Chipotle Series untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pilihan makanan yang lebih sehat dan seimbang.
Menu baru Chipotle Series

Nah, untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pilihan makanan yang lebih sehat dan seimbang, SaladStop! menghadirkan menu baru Chipotle Series yang terbuat dari sayuran segar, serta bahan-bahan organik terbaik.

Marketing Manager SaladStop! Indonesia, Donny Kusuma mengatakan, SaladStop! menyadari pentingnya asupan makanan yang sehat dan seimbang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com