Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Bakar Lemak Wajah

Kompas.com - 07/07/2023, 17:50 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Lemak berlebih pada tubuh memang bisa mengganggu penampilan. Karena itu, tak mengherankan bila ada banyak orang yang ingin membakar lemak di tubuh, termasuk juga di wajah. Sebab, lemak di area wajah bisa membuat pipi terlihat chubby atau pun berdagu ganda (double chin).

Namun, bagaimana cara membakar lemak wajah? Dilansir dari Healthline, berikut delapan metode efektif untuk membakar lemak wajah dengan mudah.

Lakukan senam wajah

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membakar lemak wajah adalah senam wajah, yang dapat membantu memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot.

Baca juga: Tips Komplet Pilih Model Rambut untuk Wanita Berwajah Chubby

Laporan anekdot mengklaim bahwa senam wajah ini juga dapat mengencangkan otot wajah, membuat wajah terlihat lebih ramping.

Adapun beberapa jenis senam wajah yang populer dilakukan adalah menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik.

Menariknya, meski bukti masih terbatas, sebuah ulasan yang diterbitkan di Aesthetic Surgery Journal pun melaporkan bahwa senam wajah dapat mengencangkan otot di wajah, sementara studi lainnya menunjukkan bahwa melakukan olahraga otot wajah dua kali sehari selama delapan minggu dapat meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Rutin olahraga kardio

Seringkali, kelebihan lemak di wajah merupakan hasil dari kelebihan lemak tubuh, sehingga menurunkan berat badan dan membakar lemak tubuh bisa jadi solusinya.

Latihan kardio atau aerobik yang meningkatkan detak jantung seperti berlari, menari, berjalan, bersepeda, dan berenang pun dianggap sebagai metode yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan karena dapat membantu membakar lemak.

Jadi, cobalah untuk melakukan olahraga sedang hingga berat selama 150–300 menit setiap minggu, yang berarti 20–40 menit latihan kardio per harinya.

Baca juga: Manfaat Olahraga Kardio Rutin bagi Kesehatan

Minum cukup air

Selain penting untuk kesehatan tubuh, minum kecukupan air juga penting jika kita ingin membakar lemak wajah.

Ada banyak studi yang menunjukkan bahwa air dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan penurunan berat badan.

Bahkan faktanya, sebuah studi kecil yang diterbitkan di Yonsei University, Wonju, Korea Selatan pun menemukan bahwa minum air putih sebelum makan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com