Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2023, 08:15 WIB
Glori K. Wadrianto

Penulis

KOMPAS.com - Siapa pecinta K-drama yang tak tahu Kim Soo Hyun?

Pemenang dua penghargaan Grand Bell Awards -penghargaan setara dengan Academy Awards di Korea Selatan- itu adalah salah satu nama terbesar di dunia drama Korea.

Bahkan, nama Kim Soo Hyun kini tercatat sebagai aktor termahal Korea.

Sebagai gambaran, laman Lifestyleasia.com menyebut bintang kelahiran 16 Februari 1988 itu dibayar sebesar 423 ribu dollar AS atau sekitar Rp 6,4 miliar per episode untuk drama One Ordinary Day.

Kreasi remake dari drama terkenal BBC Criminal Justice tersebut diproduksi pada tahun 2021 lalu, sebanyak delapan episode.

Baca juga: Cerita Kim Soo Hyun yang Ingin Kembali ke Jakarta

Bayaran itulah yang kini menjadikan dia sebagai aktor K-drama dengan bayaran tertinggi.

Kim memulai karirnya dengan drama Korea Kimchi Cheese Smile pada tahun 2007.

Dia lalu meraih kesuksesan secara komersial dan juga kritis dengan acara-acara seperti Dream High (2011-2012), Moon Embracing the Sun (2012), My Love from the Star (2013-2014) dan juga film-film seperti The Thieves (2012) dan Secretly, Greatly (2013).

Setelah menyelesaikan wajib militernya, Kim Soo Hyun tampil sebagai cameo dalam drama hit Hotel del Luna (2019) dan Crash Landing on You (2020).

Setelah itu dia memukau semua orang dengan penampilannya yang luar biasa dalam It's Okay to Not Be Okay (2020) yang mendapat sambutan hangat.

Dalam produksi itu dia dilaporkan mendapat bayaran sebesar 155.000 dollar AS per episode atau sekitar Rp 2,3 miliar, sebelum mendadpat bayaran hampir tiga kali lipat setahun kemudian.

Baca juga: Gadis-gadis Bergaun Malam Cicipi Arloji Kim Soo Hyun Tanpa Salam

Brand ambassador Mido

Kim Soo Hyun saat hadir sebagai brand ambassador Mido, pabrikan arloji asal Swiss, yang meluncurkan koleksi terbaru arloji Multifort TV Big Date, di Bangkok, Thailand, Kamis (29/6/2023).KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Kim Soo Hyun saat hadir sebagai brand ambassador Mido, pabrikan arloji asal Swiss, yang meluncurkan koleksi terbaru arloji Multifort TV Big Date, di Bangkok, Thailand, Kamis (29/6/2023).
Pundi-pundi kekayaan Kim Soo Hyun tak berhenti sampai di situ. Dia juga dikenal sebagai penyanyi dan juga brand ambassador untuk sejumlah merek, termasuk Mido, pabrikan arloji asal Swiss -sejak tiga tahun terakhir.

Dalam konteks itu pulalah, Kim Soo Hyun hadir di Bangkok, Thailand, pada akhir bulan Juni lalu.

Kala itu, Mido memperkenalkan arloji Mido Multifort TV Big Date untuk pasar Asia, dan Kim Soo Hyun hadir sebagai bintang utama dalam sebuah cocktail party di hotel berbintang lima di kota itu.

Tak menyia-nyiakan kebintangan Kim Soo Hyun, Mido pun mengundang rombongan wartawan dari banyak negara Asia untuk mengekspos acara dan produk tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com