Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Jadi Vegetarian, Ingin Lebih Sehat Hingga Berhemat

Kompas.com - 30/07/2023, 06:06 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Vegetarian atau gaya hidup yang menerapkan pola makan nabati dan menghindari makanan yang berasal dari hewan rupanya makin meningkat.

Di Indonesia sendiri, sekarang ada lebih dari 2 juta orang yang mengadopsi gaya hidup ini dan sekitar 2 ribu restoran sudah menyediakan makanan vegetarian dalam menu mereka.

Beberapa alasan utama orang menjadi vegetarian adalah ingin hidup lebih sehat, ingin menurunkan berat badan, dan agar bisa lebih hemat.

Hal itu terlihat dalam survey yang diadakan Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perspektif masyarakat Indonesia terkait tren vegetarian.

Laporan yang melibatkan 1.614 responden ini mencari tahu bagaimana pola makan orang Indonesia saat ini, alasan menerapkan pola hidup vegetarian, makanan berbasis nabati apa yang disukai, hingga tanggapan terkait brand/restoran yang menyediakan menu vegetarian.

Hasil survei menyatakan bahwa 87% responden adalah pemakan segala, baik makanan hewani maupun nabati. Kemudian, 11% mencoba mengurangi asupan makanan hewani dan 2% adalah vegetarian.

“Selaras dengan berkembangnya isu-isu kesehatan seperti diabetes, obesitas, sampai masalah kualitas daging sebagai bahan baku makanan, saat ini mulai muncul ide dan inisiatif dalam masyarakat untuk mengurangi konsumsi daging, memperbanyak konsumsi sayuran, bahkan ada yang memilih menjadi vegetarian,” ucap Head of Research Jakpat, Aska Primardi.

Baca juga: Vegetarian Jadi Diet Terbaik untuk Penderita Asam Urat?

Hidup vegetarian demi hemat

ilustrasi makanan vegetarian. SHUTTERSTOCK/KucherAV ilustrasi makanan vegetarian.
Tujuan umum para responden mengurangi makanan hewani maupun menjadi vegetarian adalah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, misalnya untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti kolesterol, penyakit jantung, atau diabetes.

Ada juga responden yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.

Alasan lain yang tak kalah menarik untuk menjalani pola hidup ini adalah lebih hemat (32%). Satu dari tiga responden mengaku pengeluaran makan mereka menurun setelah menjadi vegetarian.

Berbagai perubahan dirasakan oleh para responden yang mengurangi asupan makanan hewani atau menjadi vegetarian, yakni berat badan stabil (51%), metabolisme tubuh meningkat (37%), dan suasana hati (mood) yang lebih baik (39%).

Baca juga: Diet Vegetarian, Jenis, Manfaat, dan Risikonya

Menyiapkan makanan vegetarian

Tak banyak restoran yang menyediakan menu vegetarian di Indonesia. Hal ini sejalan dengan hasil survei Jakpat yang menyatakan bahwa kendala terbesar menjadi vegetarian adalah kesulitan mencari makanan yang berbasis nabati saat makan di luar.

Oleh karena itu, tak heran bila 60% responden vegetarian lebih suka menyiapkan makanan mereka dengan cara memasak di rumah (59%) atau memilih makanan non-hewani di restoran umum (52%).

Para responden juga mendukung jika ada restoran yang menyediakan makanan vegetarian dalam menu (62%). Kebanyakan dari mereka menilai makanan berbasis nabati lebih sehat dan baik untuk tubuh.

Baca juga: Resep Mudah Bikin Rendang Jamur untuk Vegetarian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com