Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2023, 19:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasa nyeri yang kita rasakan di sekitar gigi menandakan adanya masalah pada gigi atau gusi seperti karies atau lubang, penyakit gusi, abses gigi, atau gigi yang terkena benturan.

Penting untuk menemui dokter gigi jika kita mengalami sakit gigi yang bisa menganggu kegiatan. Namun, dalam beberapa kasus sakit gigi bisa diobati sendiri di rumah.

Dilansir dari laman Verywell Health, berikut adalah beberapa pengobatan rumahan untuk redakan sakit gigi yang bisa dicoba.

1. Minyak esensial cengkeh
Minyak esensial cengkeh telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit gigi.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2017, para peneliti mensurvei dokter gigi yang berpraktik di Jerman dan menemukan bahwa cengkeh merupakan salah satu ekstrak tanaman yang paling sering direkomendasikan di klinik gigi.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Cengkih, Rempah Asli Indonesia

Beberapa pendukung menyarankan untuk mencelupkan bola kapas ke dalam satu tetes minyak cengkeh murni yang telah diencerkan dalam satu sendok teh minyak zaitun dan letakkan kompres di samping gigi.

Namun, uji tempel di kulit harus selalu dilakukan untuk menentukan apakah kita memiliki sensitivitas terhadap minyak tersebut.

Seperti minyak esensial lainnya, minyak cengkeh sangat kuat dan tidak boleh dicerna, digunakan dalam jumlah yang berlebihan, atau dioleskan pada kulit terbuka.

Sebab, minyak cengkeh dapat meningkatkan risiko pendarahan dan menyebabkan ruam, mata gatal, atau sesak napas.

Selain itu, menelan atau menyerap dalam jumlah besar dapat menyebabkan muntah, sakit tenggorokan, kejang, kesulitan bernapas, gagal ginjal, hingga kerusakan hati.

Minyak cengkeh yang tidak diencerkan dan digunakan di dalam mulut dapat menyebabkan rasa terbakar, kerusakan jaringan atau saraf, dan rasa sakit.

Anak-anak, wanita hamil atau menyusui, dan mereka yang memiliki kondisi medis tertentu tidak disarankan menggunakan minyak ini.

Baca juga: Cara Mengusir Serangga Menggunakan Minyak Cengkeh

2. Cuka sari apel
Dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi, cuka sari apel dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan nyeri.

Cukup celupkan bola kapas ke dalam cuka dan oleskan ke area yang sakit.

3. Baking soda
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan, serta sifat anti-bakteri yang dapat membersihkan area yang terinfeksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com