Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2023, 13:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Depresi adalah gangguan kesehatan mental serius yang mempengaruhi kehidupan banyak orang, terutama remaja dan dewasa.

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes tahun 2018, lebih dari 19 juta penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memperkirakan 280 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi, termasuk 5 persen orang dewasa dan 5,7 persen orang dewasa berusia di atas 60 tahun (lansia).

Selain merasa sedih atau suasana hati yang buruk, depresi dapat terasa seperti keputusasaan atau kekosongan yang berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Dalam beberapa kasus, depresi bersifat musiman, tetapi dalam kasus lain, depresi bersifat berkelanjutan.

Baca juga: Bersyukur Mencegah Depresi

Ada pun tingkat depresi bervariasi dan sering kali disertai dengan gejala lain seperti kecemasan, kesulitan tidur, mudah marah, hingga kelelahan.

Pada tingkat yang paling parah, depresi dapat mengganggu aktivitas dan pekerjaan sehari-hari, bahkan dapat menyebabkan pikiran atau tindakan bunuh diri.

Tips mudah meningkatkan suasana hati saat depresi
Karena depresi dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan kita, penting untuk mencari bantuan profesional seperti psikiater jika kita merasa khawatir mengalaminya.

Pada akhirnya, depresi itu kompleks dan berakar tidak hanya pada perilaku kita, melainkan juga pada perubahan kimiawi di otak atau pergeseran hormon lain dalam tubuh, yang sering kali membutuhkan perawatan maupun obat-obatan untuk meringankannya.

Meski begitu, ada juga beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan suasana hati dan melawan depresi, seperti dikutip dari laman CNET berikut.

Baca juga: Self Healing Tak Melulu Soal Jalan-jalan

1. Luangkan waktu untuk hal-hal yang kita sukai
Saat sedang depresi, kita merasa sedih dan mungkin tidak ingin melakukan hal-hal yang biasanya kita sukai.

Namun, jika kita tidak melakukan aktivitas yang kita sukai, itu berisiko memperburuk gejala depresi.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi gejala depresi adalah dengan melawan keinginan untuk tidak melakukan apa pun dan melakukan kegiatan favorit, bahkan jika kita tidak menyukainya.

Penelitian menunjukkan, melakukan kegiatan rekreasi akanmeningkatkan mood dan mengurangi stres, detak jantung yang lebih rendah, serta pandangan yang lebih positif.

Buatlah daftar kegiatan sederhana dan terjangkau yang selalu kita sukai. Ketika merasa diri tergelincir ke dalam kelesuan, keluarkan daftar tersebut dan lakukan kegiatan mana pun yang paling mudah dilakukan pada saat itu.

Membaca buku di halaman rumah bisa jadi aktivitas menyenangkan untuk mengusir rasa bosan di rumah saja.SHUTTERSTOCK Membaca buku di halaman rumah bisa jadi aktivitas menyenangkan untuk mengusir rasa bosan di rumah saja.

2. Habiskan waktu di alam terbuka
Interaksi kita dengan manusia dan dunia menjadi semakin terdigitalisasi saat ini. Semakin banyak waktu yang kita habiskan di depan layar, semakin sedikit waktu yang kita habiskan di alam.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University, anak-anak masa kini menghabiskan setengah dari waktu mereka untuk bermain di luar ruangan dibandingkan dengan anak-anak 20 tahun yang lalu.

Penurunan tersebut juga dikaitkan dengan penurunan kreativitas anak.

Ketika mengalami depresi, mungkin yang ingin kita lakukan hanyalah menelusuri media sosial atau menonton TV.  Sebagai gantinya, pergilah ke taman kota atau hiking. Di sana, kita akan kagum dengan apa efek dari beraktivitas di udara segar dan sinar matahari.

Baca juga: 3 Manfaat Positif Hiking untuk Kesehatan Otak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com