Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia Berbakat 2022 Rilis Sepatu Merah Putih Buatan UMKM

Kompas.com - 18/08/2023, 08:44 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Berbarengan dengan momen peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Puteri Indonesia Berbakat 2022 Angelia Rizky berinisiatif merilis sepatu "Merah Putih".

Sepatu edisi spesial dengan motto "Berlari Melaju Menuju Indonesia Maju" ini adalah buah karya dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi mitra dan binaan Angelia Rizky.

"Mereka adalah para prajin sepatu yang selama ini menjadi mitra dan vendor brand-brand sepatu terkenal."

"Namun mereka terdampak pandemi karena banyak brand besar yang mengalihkan produksinya ke luar negeri."

Baca juga: Ultah Ke-100, Walt Disney Rilis Koleksi Bersama Sederet Merek Lokal

Demikian ungkap Angelia Rizky, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Salah satu yang menjadi mitra Angelia Rizky adalah komunitas perajin di kawasan Tangerang, Provinsi Banten.

Puteri Indonesia Berbakat 2022 Angelia Rizky berinisiatif saat mempersiapkan sepatu Merah Putih NGL.A.DOKUMENTASI NGL.A Puteri Indonesia Berbakat 2022 Angelia Rizky berinisiatif saat mempersiapkan sepatu Merah Putih NGL.A.
"Saya datang ke rumah produksi mereka dan berdialog serta merancang solusinya, salah satunya berkolaborasi produksi dengan mengusung brand lokal," papar Angel.

Produk perdana dari kerjasama itulah yang lantas menjadi sepatu "Merah Putih", yang menggunakan merek NGL.A, dan kini sudah dapat dipesan.

Baca juga: Produk Kolaborasi Ridwan Kamil dan Merek Lokal Angkat Tema Dwi Warna

"Saya membangun brand lokal yang dapat melibatkan UMKM nasional," kata Angel yang juga pengandang gelar Putri Pariwisata Berbakat 2019.

Sepatu "Merah Putih" ini sesungguhnya dirancang untuk berolahraga. Namun -tentu saja, sepatu ini dapat untuk bekerja dan juga bergaya.

"Ini juga sebagai simbol dan ajakan bersama mari berlari mengejar ketertinggalan akibat pandemi. Saya mengajak UMKM bangkit dan mandiri," sebut Angel.

Baca juga: Mengintip Sweater Buatan Merek Lokal Hammer yang Dipakai Jokowi

Menurut Angel, Bangsa Indonesia memiliki nilai budaya luhur yang dapat dijadikan budaya generasi muda Indonesia, yaitu gotong royong.

"Saya mengajak rekan-rekan untuk semakin peduli sesama, bahu membahu membangun bangsa, mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif," tutur dia.

Angelia Rizky yang juga founder dan aktivis komunitas sosial BeVoiceNow selama ini memang dikenal banyak meletakkan perhatiannya pada solusi permasalahan sosial, pemberdayaan masyarakat, UMKM, dan lingkungan hidup.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Official NGL.A Indonesia (@ngla.id)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com