Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2023, 06:17 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber indeed

KOMPAS.com - Banyak orang yang bingung tentang arah karir mereka dan apa yang harus mereka lakukan untuk menemukan pekerjaan yang cocok dengan dirinya.

Namun, hal itu wajar saja terjadi saat seseorang sedang menghadapi tahap melamar pekerjaan, menyelesaikan pendidikan, atau mengajukan aplikasi untuk pekerjaan pertamanya.

Meski begitu, perlu diingat pentingnya merenungkan dengan seksama peluang pekerjaan yang tersedia dan jangan lupa untuk mempertimbangkan bakat apa yang kita miliki.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain:

Kemampuan dan keahlian teknis: Kita perlu mempertimbangkan soal bidang apa yang kita kuasai selama bersekolah, apakah ada keterampilan lain di luar kurikulum yang dapat dimanfaatkan dalam dunia kerja.

Kualifikasi dan pendidikan: Kita juga perlu mempertimbangkan soal kualifikasi tertinggi kita dan peran seperti apa yang dapat kita manfaatkan dengan baik dengan kualifikasi tersebut? Tak hanya itu, kita juga perlu mempertimbangkan apakah perlu menjalani pelatihan lebih lanjut untuk melamar pekerjaan yang kita inginkan?

Kualitas dan atribut pribadi: Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah soal apakah kita seorang komunikator yang baik, atau apakah kita memiliki keterampilan organisasi yang sangat baik? Selain itu, kualitas pribadi apa yang kita miliki dan dapat membantu di tempat kerja. Kita juga perlu memikirkan peran apa yang dapat kita gunakan untuk memanfaatkan kualitas pribadi?

Gairah dan minat: Gairah dan minat adalah hal yang sangat penting dipertimbangkan. Cobalah untuk memikirkan hobi dan minat yang kita tekuni dan bagaimana hal itu bisa bermanfaat untuk pekerjaan.

Rencana dan prioritas hidup: Seberapa penting gaji yang tinggi dan gaya hidup seperti apa yang kita inginkan? Apakah kamu lebih suka memiliki pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu kerja yang panjang, atau ingin bekerja secara fleksibel di sekitar keluarga?

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Introvert

Tips memilih pekerjaan yang cocok

Ikuti tes karir

Mengikuti tes karir dapat membantu untuk menyusutkan pilihan pekerjaan yang cocok untuk kita. Ini bisa memberikan panduan awal mengenai peran yang potensial dengan kepribadian, minat, dan prestasi akademis kita.

Biasanya, tes karir ini singkat dan sederhana tapi dengan mengikutinya mungkin kita akan menyadari adanya peluang pekerjaan yang belum pernah kita pertimbangkan sebelumnya.

Setelah melakukannya, kita bisa menyusun daftar pekerjaan yang direkomendasikan berdasarkan hal yang paling kita sukai.

Pikirkan tentang apa yang kita inginkan

Sambil menjelajahi berbagai pilihan pekerjaan, penting untuk merenung dan mempertimbangkan hasrat serta dorongan pribadi kita juga. Cobalah jawab pertanyaan ini untuk memudahkanmu.

Apa yang mendorongmu untuk mencapai kinerja yang baik, dan apa saja kekuatan, baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari?

Posisi pekerjaan seperti apa yang kamu bayangkan akan terus kamu nikmati dalam jangka 30 tahun ke depan?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com