Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Buruk Tiap-tiap Shio Menurut Ilmu Astrologi Tiongkok

Kompas.com - 13/09/2023, 09:18 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang pasti memiliki saat-saat baik maupun buruk mengingat hal itulah yang menjadi ciri manusia. Namun momen yang berbeda-berbeda tersebut kerap membuat kita sulit mengidentifikasi kepribadian kita.

Di satu waktu kita bisa saja menjadi ceria, namun ketika sesuatu terjadi dan membuat kita tidak nyaman, kita bisa langsung berubah 180 derajat.

Meskipun terlalu sering berubah-ubah dan menunjukkan sikap berdasarkan mood ataupun keadaan, namun sesungguhnya terdapat pola khas diantara perubahan sikap dan sifat seseorang yang terkadang merupakan refleksi dari Shio yang kita miliki.

Baca juga: Adakah Shio yang Ditakdirkan Lebih Sukses?

Untuk mengetahui apa saja sikap buruk atau toksik yang ada dalam diri kita berdasarkan shio atau zodiak China menurut ilmu astrologi, mari lihat penjelasan dan pemaparan berikut.

Kepribadian terburuk dari setiap shio

Tikus: licik, serakah, pesimis

Tahun lahir: 1924, 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008

Tentu saja kita setuju dengan si tikus ini bahwa hidup adalah sebuah kompetisi antara satu dengan yang lain. Namun mengekspos kelemahan orang lain bukanlah sikap yang baik. Bukahkah begitu, para shio tikus?

Orang-orang yang lahir di tahun tikus patut dihargai karena telah bertahan melalui semua kesulitan dengan kekuatan besar. Tapi banyak orang berharap shio ini dapat menghilangkan kelicikan dan egoismenya tentang uang dan harta benda.

Sifat liciknya ini bahkan membuat mereka kejam karena akan dengan mudah menginjak-injak siapa pun untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan, mereka menjadi pesimis dan mungkin juga menciptakan suasana suram bagi keluarga dan teman-temannya.

Kerbau: bebal, keras kepala

Tahun lahir: 1913, 1925, 1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009

Mengetahui kepribadian shio kerbau cukup mudah. Salah satu prinsip mereka adalah mengikuti jalan yang sudah mereka tentukan.

Sekali mereka berfokus pada suatu hal, hampir mustahil untuk mengubah pikiran mereka sebab mereka tidak siap untuk menerima kekalahan. Hal ini menciptakan kesulitan bagi orang-orang untuk menyesuaikan diri dengan mereka, sehingga menyebabkan kesulitan dalam hubungan dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Meskipun sifat ini tidak terlalu buruk dan membantu mereka mencapai tujuan mereka dengan cara yang terorganisir dan tidak terkekang, shio ini harus menyadari bahwa cara terbaik untuk berkembang adalah dengan belajar bagaimana menjadi fleksibel dan bersedia menerima dan bekerja.

Macan: impulsif, ceroboh

Tahun lahir: 1926, 1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010

Orang-orang yang terlahir dengan shio macan memang merupakan sosok pemimpin yang mengutamakan ambisi daripada segala hal lain dalam hidupnya.

Namun ambisi ini terkadang justru menggiring sang macan pada sikap obsesi dan mendominasi sehingga cenderung menjadi impulsif dan jauh dari kata ideal maupun rasional.

Sebenarnya tidak apa-apa untuk merasa percaya diri dengan pilihan yang kamu ambil. Tapi akan salah jika kamu sudah melewati batas dan terkesan over-confident atau sombong.

Untuk kamu yang memiliki shio macan, cobalah untuk belajar bagaimana menyeimbangkan sifat ambisius dengan kerja tim dan keadilan demi mengurangi kecerobohan kamu.

Baca juga: 12 Bunga Keberuntungan untuk Tiap Shio, Bawa Hoki Masing-masing

Kelinci: pemalu, penurut

Tahun lahir: 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011

Meskipun orang ber-shio Kelinci memberikan kesan pertama yang baik dengan keterampilan sosialnya yang menyenangkan dan kepekaan terhadap perasaan orang lain, sifat cinta damai mereka membuat mereka mudah menyerah.

Mereka terlalu ragu-ragu dan konservatif dalam hidup, sepenuhnya didorong oleh naluri alami mereka dan kehilangan tujuan hidup mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com