Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica untuk Wajah

Kompas.com - 18/09/2023, 15:13 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih rutinitas perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kita bisa terasa rumit. Ini tidak hanya karena banyaknya produk di pasaran, tetapi juga karena kondisi kulit kita yang seringkali berubah.

Kadang-kadang, ketika kita merasa stres berat, kulit kita juga ikut bereaksi. Tidak peduli seberapa keras kita berusaha, jerawat yang membandel selalu muncul di wajah kita, bukan?

Jika kamu belum pernah mendengar nama Centella asiatica, mungkin kamu lebih familiar dengan pegagan atau rumput macan. Di beberapa wilayah Asia Tenggara, tanaman ini juga sering disebut sebagai pegagan.

Pegagan dikenal karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Baik digunakan secara internal maupun diaplikasikan pada kulit.

Pegagan diyakini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka, mengatasi masalah pembuluh darah, mempercepat proses penyembuhan, dan bahkan membantu mengurangi kecemasan.

Baca juga: Begini Cara Merawat Wajah agar Cerah dan Lebih Glowing

Tanaman ini memiliki tangkai tipis yang menjalar atau stolon, mirip dengan tanaman stroberi atau bunga violet, dengan daun berwarna hijau dan bunga-bunga kecil.

Dalam konteks kosmetik yang digunakan umumnya adalah daunnya.

Produk perawatan kulit berbahan dasar Centella asiatica belakangan ini semakin populer karena kemampuannya dalam penyembuhan dan perbaikan kulit yang cepat.

Dalam kondisi di mana polusi, sinar UV, stres, dan pola makan yang tidak stabil dapat mengganggu kesehatan kulit kita, Centella asiatica menjadi tambahan penting dalam rutinitas perawatan harian kita.

Selain memberikan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit kita, Centella asiatica juga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang sangat baik untuk kulit.

Keistimewaan lain dari tanaman ini terletak pada beragam manfaatnya yang dapat diterapkan pada hampir semua jenis kulit, baik itu kulit dewasa, sensitif, kusam, atau bermasalah.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis Kulit Wajah agar Perawatan Maksimal

Manfaatnya yang paling terkenal meliputi kemampuan penyembuhan, sifat lembap dan menenangkan, serta dampak positifnya pada sirkulasi mikro. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com