Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasak dengan Wajan Besi Cor

Kompas.com - 19/09/2023, 06:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar rumah tangga pasti memiliki wajan besi cor atau cast iron skillet yang digunakan untuk memasak makanan sehari-hari.

Saking seringnya dipakai, tak jarang wajan ini bisa berkarat atau lengket sehingga mempercepat masa penggunaannya.

Maka dari itu, kita perlu merawat dan memperlakukannya dengan benar, baik saat membersihkan maupun proses memasak agar bisa lebih awet.

Apalagi, ada beberapa jenis makanan tertentu yang ternyata dapat membuat wajan besi cor tidak bertahan lama, seperti makanan yang cepat lengket di permukaan wajan.

Nah, dikutip dari laman Real Simple, berikut daftar makanan yang sebaiknya tidak dimasak menggunakan wajan besi cor.

1. Telur

Karena wajan besi cor baru sangat berpori, telur mungkin merupakan makanan yang kurang cocok dimasak menggunakan alat ini.

Hal itu karena telur mudah lengket di atas permukaan wajan. Jadi, jika kita ingin menggunakannya untuk memasak telur, tunggu sampai beberapa kali pemakaian.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Bahan Pelapis Wajan

2. Beberapa jenis ikan

Aturan praktis yang baik adalah hanya memasak potongan ikan yang lebih tebal dalam wajan besi cor.

Karena jenis ikan yang lembut seperti ikan cod dan bahkan salmon kemungkinan besar akan menempel di wajan dan meninggalkan sedikit bekas yang sulit dihilangkan.

Kita harus membersihkan dan membumbui wajan setelah memasak semua jenis ikan, jika tidak, hidangan berikutnya akan memiliki rasa amis yang menyengat.

3. Makanan penutup

Wajan atau panci terbuat dari besi cor sangat berpori, yang berarti tidak dapat menahan rasa kecuali jika dibumbui dan dibersihkan dengan benar.

Jadi, meskipun wajan kue atau brownies berukuran besar terdengar nikmat, kita harus selalu memastikan wajan telah dibersihkan secara menyeluruh dari makanan sebelumnya apabila ingin menggunakan wajan besi untuk membuat makanan penutup (dessert).

Baca juga: Kesalahan Saat Menggoreng yang Bikin Wajan Cepat Rusak

4. Makanan asam

Wajan besi cor dan makanan asam tidak akan cocok.

Jika kita membuat saus tomat yang kaya rasa, daging yang dimarinasi dengan bumbu kuat, dan sebagainya, kita perlu mempertimbangkan untuk menggunakan wajan stainless steel atau keramik.

Karena makanan asam akan mengikis logam pada peralatan masak besi cor yang paling berbumbu sekalipun, dan logam-logam itu akan masuk ke dalam apa pun yang kita masak.

5. Bumbu atau bahan yang kuat

Saat memasak dengan wajan besi cor, sebaiknya pertimbangkan bumbu atau bahan-bahan yang kita gunakan.

Hanya karena sesuatu mungkin tidak menempel pada wajan, bukan berarti itu tidak dapat meninggalkan sisa makanan pada peralatan masak, bahkan setelah proses pembumbuan yang ekstensif.

Hidangan dengan bahan yang kuat, seperti kari dan jintan, mungkin lebih baik disiapkan dengan peralatan masak alternatif untuk menghindari rumitnya pembersihan.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggoreng dengan Wajan Anti Lengket

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com