Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2023, 15:41 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Olahraga demi menjaga kebugaran memang dapat dilakukan kapan saja. Tapi, jika ingin mendapatkan hasil optimal dalam membakar lemak, kita perlu memerhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Terutama pada pagi hari, ada jam-jam tertentu yang paling ideal untuk berolahraga.

Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat yang dilakukan pada 5.285 orang dewasa paruh baya menunjukkan, dalam hal pembakararan lemak, waktu olahraga idealnya dilakukan antara jam 7 sampai jam 9 pagi.

Selain lebih efektif menurunkan berat badan, peserta yang berolahraga di waktu tersebut juga dinilai memiliki indeks massa tubuh dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang olahraga pada siang atau malam hari.

Baca juga: Silent Walking, Tren Olahraga di TikTok yang Diklaim Baik untuk Mental

Manfaat itu tidak dipengaruhi aktivitas lain yang membuat mereka lebih banyak duduk atau tidak bergerak sepanjang hari.

Para ahli menilai, olahraga di pagi hari dapat menjadi pilihan terbaik karena berlatih di waktu ini akan membantu konsistensi karena biasanya orang belum terganggu oleh bermacam kesibukan.

"Ini adalah penelitian baru yang menarik dan bisa menjadi tips dalam mencapai tujuan tertentu," ungkap Dr Rebecca Krukowski, psikolog klinis di Univeritas Virginia, sebagaimana dilansir Daily Mail.

Di jam 7 sampai jam 9 pagi tubuh menjadi lebih mudah mengatur ritme sirkardian sehingga berdampak pada pembakaran lemak.

Kondisi ini memungkinkan seseorang beraktivitas lebih awal, sehingga berdampak pada kualitas tidur yang baik. Pada gilirannya semua itu memengaruhi proses penurunan berat badan.

Baca juga: Olahraga Jalan Kaki di Bukit dan Pasir Bakar Kalori Lebih Banyak 

Olahraga pagi bantu turunkan berat badan dan lingkar pinggang

Waktu ideal untuk olahragaUnsplash Waktu ideal untuk olahraga

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity itu melibatkan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) yang meninjau kesehatan sekitar 5.000 orang dewasa dan anak-anak di AS setiap tahunnya.

Data yang dihimpun berasal dari data dari tahun 2003 hingga 2006, menggunakan alat pelacak kebugaran atau akselerometer di pinggul selama tujuh hari berturut-turut.

Pada penelitian itu, data dari alat pelacak digunakan untuk membagi peserta penelitian menjadi tiga kelompok, yaitu mereka yang olahraga di jam 7 hingga 9 pagi, berolahraga di siang hari antara jam 11-1 siang dan malam hari antara jam 5 sore hingga 8 malam.

Baca juga: 5 Alasan untuk Pilih Waktu Olahraga di Pagi Hari

Indeks massa tubuh dan lingkar pinggang diukur di awal untuk memahami kelompok mana yang paling menunjukkan hasil signifikan.

Berdasarkan studi itu, 652 orang yang berolahraga pada pagi hari memiliki indeks massa tubuh yang tergolong sehat, yaitu berkisar 18,5 hingga 24,9 kg/m2.

Namun bagi orang yang berolahraga di siang hari atau malam indeks massa tubuh mereka berada di kisaran 27,6 hingga 27,2 kg/m2 atau kelebihan berat badan.

Penelitian juga menilai lingkar pinggang yang lebih rendah pada kelompok yang olahraga pagi hari dengan kisaran 91,5 cm.

Pada kelompok yang olahraga di malam hari menunjukkan lingkar pinggang lebih besar yatu 95 cm dan di siang hari 95,8 cm.

Penelitian terbaru ini pun semakin membuktikan berbagai studi terdahulu yang menyimpulkan bahwa olahraga terbaik idealnya dilakukan saat pagi.

Baca juga: 5 Mitos Olahraga yang Bisa Halangi Tujuan Kebugaran 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com