Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Olahraga Aman untuk Penderita Kanker Prostat Stadium Lanjut

Kompas.com - 06/09/2023, 10:50 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika kita bicara soal kesehatan prostat, biasanya akan berfokus pada faktor risiko yang dapat diubah, yaitu hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi peluang terkena kanker prostat.

Namun, jika sudah menghadapi kanker prostat, penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan olahraga menjadi elemen penting dalam hal ini.

Terapis okupasi, Maria Pickston menekankan bahwa kondisi medis dan pengalaman pengobatan kanker prostat setiap orang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum memulai program olahraga apapun selama proses pemulihan, penting untuk mendapatkan persetujuan dari dokter spesialis onkologi atau tim perawatan kesehatan terlebih dahulu.

Olahraga memiliki dampak positif yang signifikan pada kesehatan fisik, mental, dan emosional yang sering kali terganggu selama operasi atau pengobatan kanker.

Pasalnya, pengobatan kanker prostat bisa mengakibatkan hilangnya massa otot, penurunan kekuatan fisik, masalah disfungsi seksual, penurunan kepadatan tulang, peningkatan kelelahan, dan risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan diabetes.

Pickston mengatakan penelitian saat ini menunjukkan, olahraga aman dan bermanfaat sebelum, selama, dan setelah pengobatan kanker karena dapat meningkatkan energi dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Prostat

Olahraga juga memungkinkan mereka untuk tetap menikmati aktivitas yang mereka nikmati.

Selain itu, Pickston menyebut gaya hidup aktif fisik tidak hanya membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, tetapi juga mengurangi peluang kanker kembali muncul, termasuk kanker prostat.

Lalu pertanyaannya seberapa sering kita harus berolahraga untuk meningkatkan kesehatan prostat?

Jika kamu sedang menghadapi kanker prostat, sedang menjalani pengobatan kanker, atau telah menjalani prostatektomi, sangat penting untuk berbicara terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memulai program olahraga apa pun.

Hal ini karena kamu mungkin perlu mengikuti tindakan pencegahan tertentu selama beberapa minggu awal dalam proses pemulihan.

Tidak ada jenis olahraga yang secara spesifik ditujukan untuk kesehatan prostat itu sendiri.

Namun, dengan fokus pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan, seperti meningkatkan detak jantung, aliran darah, dan endorfin, kita akan merasakan dampak positif untuk pulih dari kondisi kesehatan dan pengobatan yang kita alami.

Setiap orang merespons kanker dan perawatan kanker secara berbeda. Apa yang berhasil bagi orang lain mungkin tidak akan berhasil bagi mu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com