Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2023, 17:02 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Pencarian pekerjaan adalah langkah penting dalam perjalanan karier, tetapi proses ini sering kali tidaklah mudah. Banyak orang mengalami tingkat kecemasan yang tinggi saat melalui proses pencarian kerja yang memakan waktu.

Terlebih lagi, data dari Badan Statistik Nasional (BPS) pada Februari 2023 menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia mencapai angka yang cukup mencemaskan, yakni 7,99 juta orang.

Ketika dihadapkan dengan tekanan ekonomi dan persaingan yang ketat, sangat penting untuk mengatasi kecemasan dalam mencari pekerjaan.

Baca juga: 7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan saat Sedang Mencari Pekerjaan

Berikut cara untuk mengatasi kecemasan dalam mencari pekerjaan.

Cari dukungan

Salah satu langkah terbaik untuk mengatasi kecemasan saat mencari pekerjaan adalah dengan mencari dukungan dari orang-orang terdekat.

Teman-teman dan keluarga bisa menjadi sumber dukungan yang sangat berharga karena mereka akan selalu mendukung kita bukan hanya sebagai pekerja.

Ide lainnya adalah menelusuri grup lowongan kerja di LinkedIn, Facebook, atau Meetup. Selain itu, jika diperlukan cobalah pertimbangkan untuk melibatkan seorang pelatih karier.

Mereka dapat memberikan pandangan ahli dan bimbingan yang dapat membantu mengatasi tantangan dalam pencarian pekerjaan.

Terakhir, jika kita merasa depresi atau putus asa memengaruhi kualitas hidup, jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang konselor atau terapis. Mereka memiliki pengalaman dalam membantu individu mengatasi masalah emosional dan mental.

Baca juga: 17 Tips Mencari Kerja dengan Cepat

Evaluasi keuanganmu

Cara lain untuk meredakan kecemasan mencari kerja adalah dengan segera mengatur keuanganmu.

Mulailah dengan menyusun daftar pemasukan dan pengeluaran kita serta menghitung total kekayaan bersih. Ini membantu kita mengidentifikasi area penghematan dan memberi pemahaman tentang stabilitas finansial kita sebelum mencari pekerjaan baru.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan, kita dapat merencanakan pencarian pekerjaan dengan lebih bijak dan mengurangi ketidakpastian terkait dengan perubahan karier.

Tetapkan jadwal rutinitas harian

Kecemasan saat mencari pekerjaan seringkali muncul karena kehilangan rutinitas harian. Untuk mengatasinya, cobalah menjaga keteraturan dalam pencarian pekerjaan.

Buatlah jadwal yang sesuai dengan tujuan dan pastikan kita memiliki target yang ingin dicapai setiap harinya. Selanjutnya, buatlah daftar tugas harian yang perlu dikerjakan setiap pagi atau malam sebelumnya.

Rutinitas harian kita dapat terlihat seperti berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com