Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan Fashion Tanpa Batasan Gender ala Harry Halim

Kompas.com - 19/10/2023, 16:53 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unik dan nyentrik adalah dua hal yang mungkin bisa menggambarkan karakter seorang Harry Halim dan karya-karya rancangannya selama ini.

Dengan potongan-potongan asimetris yang khas, banyak siluet karya Harry Halim yang berusaha melawan arus dan mendobrak batasan gender.

Terbaru, desainer ternama Indonesia itu meluncurkan koleksi ready to wear couture untuk Spring/Summer 2024.

Koleksi tersebut juga secara dramatis ditampilkan dalam sebuah peragaan busana, pada Selasa (17/10/2023), di Bengkel Space, Jakarta.

Rangkaian koleksi bertajuk "White Lies"

Rancangan yang diberi tajuk "White Lies" ini merupakan cerita kerumitan isi hati dan kebenaran yang tak dapat terucapkan dari sang desainer.

"Saya adalah orang yang overthinking. Jadi pemikiran-pemikiran inilah yang membawa ide 'White Lies' dan bagaimana itu sering kali kita temukan dalam lingkungan masyarakat," kata Harry.

Terdiri dari 31 looks, koleksi White Lies didominasi crop top blazer dengan lengan yang memiliki aksen rumbai-rumbai.

Baca juga: Senayan City Fashion Nation 17th Hadirkan Karya Unik Desainer Lokal

Harry Halim meluncurkan koleksi ready to wear couture Spring/Summer 2024 yang ditampilkan dalam sebuah peragaan busana, Selasa (17/10/2023).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Harry Halim meluncurkan koleksi ready to wear couture Spring/Summer 2024 yang ditampilkan dalam sebuah peragaan busana, Selasa (17/10/2023).

Salah satu yang juga menarik perhatian adalah korset bertabur mutiara, hasil kolaborasi Harry Halim dengan merek perhiasan lokal, Mahija.

Selain itu, Harry mengungkapkan, ada banyak bahan satin dan juga crepe yang digunakan dalam koleksinya yang proses pengerjaannya hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan ini.

"Meskipun terlihat kelihatannya panas karena bervolume, tapi setelah dipakai itu ringan," terang Harry.

"Sementara untuk warnanya tentu dimulai dari hitam- sebagai signature Harry Halim. Kemudian, ada warna-warna yang cerah seperti turquoise dan ungu, serta putih membuat koleksi ini tampak berbeda, lebih lebih jujur dan pure," jelas dia.

Baca juga: Deretan Busana Aneh dan Nyentrik di Red Carpet MTV VMA 2023

Harry Halim meluncurkan koleksi ready to wear couture Spring/Summer 2024 yang ditampilkan dalam sebuah peragaan busana, Selasa (17/10/2023).Dok. Harry Halim Harry Halim meluncurkan koleksi ready to wear couture Spring/Summer 2024 yang ditampilkan dalam sebuah peragaan busana, Selasa (17/10/2023).

Bicara soal genderless fashion

Melalui koleksi White Lies, Harry Halim juga ingin menegaskan bahwa fashion tidak pernah terbatas pada gender tertentu.

Menurutnya, sampai saat ini fashion- terutama koleksinya, masih kerap dihubungkan dengan LGBTQIA, padahal genderless fashion itu sebenarnya unisex.

"Jadi koleksinya Harry Halim itu bisa untuk semua orang. Tidak ada yang khusus untuk pria, wanita, atau gender tertentu," ungkap Harry.

"Saya juga ingin menyampaikan kalau garmen itu bukan sesuatu yang menentukan gender seseorang. Setiap orang bisa pakai apa pun untuk mengekspresikan karakter mereka saja," katanya.

Setelah peluncuran koleksi Spring/Summer 2024, Harry Halim juga akan kembali mengerjakan proyek-proyeknya mendatang.

"Ke depan ada banyak sekali proyek baru, mulai dari peluncuran modest wear untuk klien di Indonesia dan juga beberapa item yang bakal dirancang untuk klien di Hollywood," imbuhnya.

Baca juga: Tips Menemukan Style Fashion dari Content Creator TikTok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com