Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Desainer Ria Miranda Merancang Tenun untuk Modest Wear

Kompas.com - 26/07/2023, 13:30 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer fesyen Ria Miranda memulai debutnya untuk merancang koleksi modest wear dengan sentuhan tenun di panggung JF3 Fashion Festival 2023.

Koleksi modest wear yang dihadirkan itu bertajuk "Lora" sebagai judul koleksinya untuk show "Jalinan Lungsi Pakan 2023" bersama Cita Tenun Indonesia.

"Lora" sendiri berasal dari istilah dalam bahasa Inggris “lore” yang memiliki arti kumpulan tradisi dan pengetahuan tentang suatu subjek yang diturunkan secara lisan.

Dengan menggunakan tenun Garut yang terinpsirasi dari akulutrasi budaya tenun di sana, Ria Miranda mencoba mengadaptasi cerita di balik tenun Garut itu sendiri ke dalam koleksi modest wear.

"Tema koleksi (Lora) ini terinspirasi dari zaman dulu, tenun di Garut itu sudah ada sejak zaman penjajahan tentara Jepang."

"Saya mencoba mengadaptasi koleksi dari tenun Garut ini untuk lebih modern dalam balutan modest wear."

Demikian kata Ria Miranda dalam konferensi persnya di JF3 Fashion Festival, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Suguhan Wastra Batik Desainer Ibu dan Anak di Panggung JF3 2023 

Tenun yang digunakan oleh Ria Miranda merupakan karya perajin yang sempat mengenyam pelatihan Cita Tenun Indonesia di daerah Garut dan Majalaya, Provinsi Jawa Barat, Hendar Rogesta.

Ada delapan koleksi yang tampil di JF3 Fashion Festival, berbagai modest wear rancangan Ria Miranda itu dikombinasikan dengan material satin, renda, manik dan mutiara dalam siluet A-line.

Aksen kerut dan serut dijahit dalam permainan struktur dan teknik potong untuk menjadikan sebuah koleksi RiaMiranda Signature yang modern, edgy dan tetap cantik.

Koleksi dengan sentuhan tenun ini pun rupanya merupakan kali pertama Ria Miranda merancang busana modest wear.

Baca juga: Warna Vibrant dalam Koleksi Ria Miranda, Terinspirasi Betta Fish 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com