Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Mencampur ASI dengan Susu Formula dalam Satu Botol?

Kompas.com - 21/10/2023, 09:17 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Parents

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, serta sebagai pendamping ketika bayi mulai mendapat makanan.

Namun, tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif karena berbagai sebab, dan menggantinya dengan susu formula. Tak sedikit bayi yang mendapatkan ASI dan juga susu formula sebagai tambahan.

Lantas, apakah bisa ASI yang dipompa dari ibu dicampurkan dengan susu formula dalam satu botol?

Menurut dokter anak Emily Wisniewski, pada dasarnya tidak apa-apa jika ibu ingin memberikan ASI dengan susu formula dalam satu botol.

“Dalam kasus tersebut, menurut saya ASI apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali,” jelas Emily dokter anak di Mercy Family Care di Baltimore.

Baca juga: Benarkah Kandungan DHA pada Susu Formula Bisa Meningkatkan IQ Anak?

Ia mengatakan, ketimbang bayi hanya diberikan susu formula saja, campuran ASI meski sedikit tetap bermanfaat.

“Menggunakan keduanya memungkinkan bayi mendapatkan beberapa manfaat dari ASI sekaligus mendapatkan volume makanan yang sama dengan yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh,” katanya.

Bayi prematur juga disebutkan akan mendapat manfaat dari kombinasi antara susu formula dan ASI. Tentunya takaran dan jenisnya harus mendapat saran dari dokter.

Menurut Wisniewski, yang terpenting adalah memastikan botol susunya bersih dan steril dan mengikuti saran penyajian susu formula seperti yang terdapat dalam kemasan. Jika ragu, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter anak.

Baca juga: 3 Kesalahan Saat Menyusui dan Solusinya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com