Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2023, 19:17 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren modest fashion kini hadir dalam pilihan busana yang lebih beragam. Gaya busana yang menjaga penampilan santun dan modis ini pun telah menginspirasi desainer untuk terus menciptakan tren baru yang digemari pecinta modest fashion.

Jika di tahun ini lebih banyak siluet longgar, dominasi warna-warna pastel, hingga kombinasi gaya urban seperti streetwear, lantas seperti apa tren modest fashion di tahun 2024?

Khanaan Shamlan, desainer modest dari jenama Khanaan sudah memprediksi beberapa tren modest fashion di tahun depan yang akan digemari.

Menurutnya di tahun 2024 busana modest akan terlihat jauh lebih menarik, khususnya terkait dengan potongan busana modest yang longgar dan tetap terlihat santun.

Baca juga: Desainer Indonesia Bawa Busana Modest Multifungsi ke Pentas Dunia 

"Kami melihat tahun depan itu lebih cenderung ke busana yang lebih loose (longgar) ya, tapi tidak lagi pilihannya ke dress atau terusan saja,"

"Pilihan potongannya akan lebih ke two piece, jadi ada atasan dan bawahan yang longgar," jelasnya saat ditemui Kompas.com di konferensi pers Wardah for Jakarta Muslim Fashion Week 2024, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Potongan busana two piece itu pun menurut Khanaan lebih banyak dicari karena dianggap lebih fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai kesempatan.

"Two piece kan pilihannya banyak. Bisa skirt dan atasan crop atau sweatshirt tapi masih tertutup dan bisa lebih bebas diekspresikan dengan pilihan gaya pribadi," paparnya.

Koleksi modest fashion dari jenama Khanaan dengan aksen embroiderry di JMFW 2024KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi modest fashion dari jenama Khanaan dengan aksen embroiderry di JMFW 2024

Terkait dengan aksen yang bakal menjadi favorit, Khanaan juga melihat tren busana dengan permainan embroiderry (bordir) juga semakin diminati.

Pada busana modest, sentuhan embroiderry ini dapat memberikan nuansa yang lebih artistik dan mempercantik tampilan secara keseluruhan.

"Saat ini market itu semakin kritis dengan brand. Mereka bersedia berbelanja untuk material dan menghargai craftmenships," tambah Khanaan.

Baca juga: JMFW 2024 Siap Digelar, Indonesia Optimis Jadi Ikon Modest Fashion 

Busana modest sustainable

Penggunaan material berkelanjutan alias sustainable juga mendapat perhatian dalam industri mode, khususnya modest fashion.

Menurut Khanaan, hal ini juga didorong oleh meningkatknya kesadaran masyarakat akan isu lingkungan sehingga para pelaku mode pun harus mengadopsi pilihan bahan ramah lingkungan hingga proses pengerjaan yang mengurangi limbah.

"Menjawab hal itu, kami juga terus berupaya untuk zero waste. Jadi berbagai limbahnya diolah menjadi sesuatu yang lebih bernilai, seperti dijadikan aksen sepatu dan lain sebagainya," papar dia.

Sentuhan wastra

Koleksi busana Aleza di JMFW 2024KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi busana Aleza di JMFW 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com