Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 09:26 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.com - Batuk pilek adalah penyakit yang kerap mengunjungi kita, terutama saat perubahan musim. Karena sudah terbiasa, banyak orang kemudian mencari dan menemukan pengobatan alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala batuk, salah satunya adalah dengan minum teh hangat .

Minum berbagai jenis teh dapat membantu karena pada dasarnya teh menghidrasi, dan uapnya dapat membantu membuka saluran hidung dan bronkus, sementara kehangatannya dapat meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Namun dari berbagai macam teh, ada beberapa yang memiliki manfaat terapeutik tambahan. Beberapa budaya telah menemukan jenis teh terbaik untuk meredakan batuk berdasarkan manfaat penyembuhannya, sifat anti-inflamasi, dan sifat-sifat menyembuhkan lainnya.

Baca juga: 7 Pilihan Teh Herbal untuk Meredakan Batuk

Pilihan teh untuk meredakan batuk

Teh akar licorice

Akar licorice adalah ramuan yang sangat umum dan telah sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad.

Lebih dari 300 flavonoid dan senyawa tanaman telah diisolasi hanya dari ramuan ini. Senyawa bioaktif ini menghasilkan manfaat antimikroba dan antivirus kuat yang dapat membantu mengobati batuk.

Rachelle Robinett, ahli herbal terdaftar (AHG) serta pendiri Pharmakon Supernatural dan HRBLS menyampaikan, bahwa licorice memiliki efek antispasmodik yang sangat membantu dalam mengobati batuk karena mengendurkan otot-otot sistem pernapasan yang kejang saat batuk.

Dia juga menambahkan bahwa licorice mengandung ‘mucilage’ yang tinggi, zat licin dan berlendir yang membantu menghidrasi dan menenangkan jaringan yang meradang atau dehidrasi.

Teh hijau

Seperti akar licorice, teh hijau juga kaya akan senyawa tumbuhan bioaktif dengan kekuatan anti-inflamasi dan manfaat antibakteri, yang menjadikannya pilihan untuk mengatasi batuk dan penyebabnya.

Beberapa penelitian menemukan teh hijau bermanfaat untuk mengatasi gejala batuk secara khusus, seperti sebuah studi tahun 2015 yang menemukan bahwa meskipun berkumur dengan teh hijau tidak mengatasi gejala suara serak, hal itu mengurangi frekuensi gejala batuk pada pasien pasca operasi jantung.

Teh chamomile

Teh chamomile atau kamomil sering dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur dan relaksasi, serta membantu mengatasi batuk.

Hal ini disebabkan oleh sifat senyawa kamomil yang melawan infeksi dan peradangan sehingga membantu tubuh melawan penyakit apa pun yang menyebabkan batuk.

Baca juga: Ketahui, 3 Teh Herbal Pereda Sakit Tenggorokan

Ilustrasi teh chamomile Ilustrasi teh chamomile

Teh peppermint

Sebagai salah satu anggota keluarga mint yang paling populer, peppermint adalah teh pilihan lainnya untuk obat batuk. Penelitian mengaitkan teh peppermint dengan infeksi sinus dan perbaikan gejala pilek, yang sering kali menyebabkan batuk.

Teh akar marshmallow

Namanya mungkin mengingatkan kita pada kudapan, tetapi marshmallow yang ini tidak ada hubungannya dengan camilan manis. Akar marshmallow adalah pilihan teh herbal lain yang sangat baik untuk meredakan gejala batuk.

“Untuk batuk kering dan teriritasi, saya merekomendasikan herba yang melembapkan seperti akar marshmallow,” kata Rosalee de la Forêt, ahli herbal dan penulis buku Alchemy of Herbs and Wild Remedies.

Penelitian menunjukkan akar marshmallow menawarkan manfaat terapeutik untuk batuk terutama sebagai obat penenang untuk jaringan yang meradang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com