BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Top Coffee

4 Minuman yang Bikin Melek biar Mood Terjaga dan Kerja Enggak Gampang Burnout

Kompas.com - 24/10/2023, 17:20 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Suasana hati atau mood merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga. Dengan mood yang baik, seseorang bisa memiliki keadaan emosional yang prima dan memberikan dampak positif terhadap produktivitas harian.

Sayangnya, mood tak selamanya baik. Kondisi emosional dan fisik bisa memengaruhi mood seseorang, terlebih ketika lelah bekerja atau burnout.

Menaikkan mood dan membuat mata tetap melek saat bekerja sebenarnya bisa disiasati dengan sejumlah cara, mulai dari meditasi, bergerak atau berolahraga, jalan-jalan, hingga melakukan hobi ketika waktu istirahat tiba.

Tak hanya itu, mood juga bisa tetap terjaga dengan mengonsumsi beberapa minuman favorit berikut.

1. Cokelat hangat

Cokelat atau kakao mengandung senyawa teobromina yang berpengaruh pada kestabilan emosi seseorang.

Melansir eatingwell.com, Pusat Penelitian Nestlé di Swiss menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 1,4 ons cokelat hitam secara rutin selama dua minggu bisa menurunkan kadar kortisol dan hormon stres lain.

Selain itu, culinarynutrition.com menyebutkan bahwa cokelat juga kaya sumber antioksidan, zat besi, dan magnesium yang membantu tubuh lebih relaks.

2. Jus beri

Buah beri mengandung senyawa kuersetin, yakni fitokimia yang berfungsi sebagai antidepresan alami pada sistem saraf.

Senyawa itu dapat menghambat tingkat enzim monoamin oksidase (MAO) yang menjadi salah satu pemicu depresi.

Baca juga: 10 Makanan Terbaik untuk Jadi Mood Booster

Lebih dari itu, buah beri juga merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, buah beri juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

3. Teh

Dikutip dari laman Healthmatch, para peneliti menemukan bahwa minum teh dapat untuk menurunkan kortisol, yakni hormon stres yang dapat merusak suasana hati dan kognisi.

Selain itu, kandungan katekin alias epigallocatechin gallate (EGCG) juga disebut mampu memberikan perasaan tenang serta meningkatkan fokus dan memori.

Kemudian, teh juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan energi dan fokus, terlebih ketika lelah bekerja.

4. Kopi

Seperti teh, kopi juga mengandung kafein. Senyawa alami ini dapat mencegah adenosin menempel pada reseptor otak. Adenosin sendiri merupakan metabolit yang dilepaskan sel dan jaringan tubuh saat stres.

Adapun kafein juga dapat meningkatkan pelepasan neurotransmiter, seperti dopamin dan norepinefrin, yang bermanfaat untuk meningkatkan mood.

Baca juga: Bagian dari Gaya Hidup, Kopi Masih Jadi Salah Satu Minuman Favorit Banyak Orang

Kemudian, kafein juga disebut dapat menurunkan risiko depresi, penyakit parkinson, fibrosis hati, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Seperti diketahui, kopi memang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Tak heran, banyak pekerja memilih ngopi untuk menjaga mood agar tidak burnout.

Untuk membuat mata tetap melek saat bekerja, kamu bisa menjajal Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk. Sesuai namanya, produk kopi ini terbuat dari campuran kopi tubruk, susu, dan gula aren dalam satu kemasan.

Adapun kopi tubruk merupakan kopi tradisional Indonesia yang dibuat dengan mencampurkan bubuk kopi dengan air panas di dalam gelas. Kata “tubruk” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “mengguyur” atau “mengaduk”.

Dengan kandungan kopi tubruk, Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk punya aroma dan rasa kopi yang lebih kuat (strong). Sensasi ini semakin lengkap dengan campuran susu yang lembut dan gurih serta rasa gula aren yang legit dan bikin relaks.

Meski termasuk ke dalam kopi tubruk, ampas Top Coffee Susu Gula Aren Tubruk lebih halus dan cepat turun. Dengan begitu, kamu bisa segera menikmati kopi tanpa harus menunggu lama. Kerja pun makin semangat dan terhindar dari burnout.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com