Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Latihan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Meringankan Nyeri Menstruasi

Kompas.com - 31/10/2023, 05:11 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nyeri menstruasi adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak wanita selama siklus menstruasi mereka.

Meskipun dapat menjadi pengalaman yang mengganggu, beberapa latihan ringan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan selama periode menstruasi.

Dengan melakukan latihan yang tepat, kita dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan meringankan gejala yang terkait dengan nyeri menstruasi.

Selain meningkatkan rasa bahagia melalui pelepasan endorfin, aktivitas fisik selama periode menstruasi telah terbukti efektif dalam mengurangi ketidaknyamanan seperti kram perut, perut kembung, sakit kepala, dan nyeri punggung bawah.

Berikut ini adalah sembilan latihan yang dapat membantu meringankan nyeri menstruasi.

Pelvic tucks

Tanya Becker, salah satu pendiri dan kepala kreatif Physique 57, sebuah studio kebugaran barre yang berbasis di New York dan Los Angeles, mengatakan teknik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot punggung bawah, sambil secara lembut memperkuatnya.

Hal itu lah yang membuat gerakan ini bermanfaat untuk meredakan nyeri pada bagian tersebut.

Cara melakukannya:

Berbaringlah di lantai dan letakkan kaki sedikit lebih lebar dari lebar pinggul. Perlahan angkat pinggul dari lantai dan ke atas, kemudian turunkan dengan perlahan satu per satu tulang belakang.

Lakukan gerakan naik-turun ini dengan perlahan selama satu hingga dua menit.

Baca juga: 8 Masalah Menstruasi yang Tidak Boleh Diabaikan

Top taps

Katie Dunlop, seorang pelatih pribadi bersertifikat dan pendiri Love Sweat Fitness di Orange County, CA, mengatakan ia menggunakan gerakan ini sebagai gerakan andalannya selama masa-masa menstruasi.

Cara melakukannya dengan berbaring telentang dengan lengan di samping tubuh, angkat kaki hingga sudut 90 derajat, turunkan kaki kanan untuk menyentuh jari kaki di lantai. Kemudian, kembali ke posisi awal, lalu ulangi dengan kaki kiri.

Terus berganti sisi saat kamu melatih otot inti. Gerakan ini terbukti efektif karena melibatkan otot perut dan membantu mengurangi kram.

Thigh dancing

Coba duduk dalam posisi berlutut dengan lutut selebar pinggul dan bagian bawah tubuh di atas tumit. Angkat pinggul beberapa inci dari tumit, kemudian gulingkan pinggul secara lembut ke depan dan ke belakang.

Pastikan untuk menegangkan otot perut saat menggulingkan pinggul ke depan sambil menghembuskan napas kuat. Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali dengan kecepatan sedang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com