Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Coba Pelihara Ular? Piton Bola Bisa jadi Pilihan

Kompas.com - 08/11/2023, 17:28 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Piton bola merupakan pilihan yang cocok bagi pemula yang ingin memelihara ular. Ukurannya biasanya mencapai 1,5 meter, lebih kecil dibandingkan dengan ular lain yang sering dijadikan hewan peliharaan.

Tak hanya itu, piton bola atau ball python juga memiliki sifat yang ramah dan mudah untuk diurus.

Piton bola, dinamai demikian karena dalam situasi yang mengancam, mereka melingkarkan tubuh mereka membentuk bola yang padat, dengan kepala tersembunyi di antara lipatan tubuhnya.

Ular piton bola yang masih muda biasanya tumbuh sekitar 30 cm setiap tahunnya selama tiga tahun. Dengan perawatan yang tepat, mereka dapat hidup selama 20-30 tahun, bahkan mungkin lebih dari itu.

Namun, ular yang ditangkap dari habitat alami cenderung mengalami stres yang tinggi akibat proses penangkapan dan transportasi, serta berisiko membawa parasit.

Meski begitu, ular hasil penangkaran yang telah berhasil dipelihara cenderung lebih mahal, tetapi dapat diperoleh dengan lebih mudah.

Baca juga: Tips Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular

Ilustrasi ular sanca bola atau ball python.Shutterstock/dwi putra stock Ilustrasi ular sanca bola atau ball python.

 

Kandang ular piton bola

Ular piton bola tidak terlalu aktif, sehingga kandang berukuran kecil masih digunakan. Cobalah untuk menggunakan tangki berukuran 20 galon untuk ular muda dan 30 galon untuk ular dewasa.

Namun, ular ini sangat mahir meloloskan diri. Untuk itu, pastikan kamu memasang penutup yang aman dan kokoh pada kandangnya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih banyak pilihan untuk bahan alas kandang, termasuk serutan kayu, kertas koran, dan astroturf.

Penggunaan astroturf mungkin yang paling praktis karena kamu bisa memotongnya sesuai ukuran kandang dan mengganti bagian yang kotor secara mudah.

Bagian yang terkontaminasi bisa direndam dalam campuran air dan pemutih, lalu dibilas dan dikeringkan sebelum digunakan kembali.

Jika kamu ingin memelihara piton bola, sediakan dahan yang kokoh dan tempat persembunyian yang gelap untuk ular piton bola.

Ular ini cenderung nyaman dalam lingkungan yang tertutup, jadi tempat persembunyiannya harus cukup besar untuk menampung ular.

Selain itu, suhu di dalam kandang ular piton bola kamu juga harus berkisar antara 21,11 - 26,67 celsius di sisi yang lebih sejuk, sementara area berjemur perlu dijaga pada suhu 31.11 - 33.33 celsius.

Baca juga: 18 Jenis Ular Piton di Indonesia, Ada yang Bisa Memangsa Manusia

Meskipun bantalan pemanas di bawah tangki cocok untuk ular, pemantauan suhu bisa menjadi sulit dengan penggunaan bantalan pemanas ini. Pilihan lain, kamu bisa menggunakan bola pijar atau elemen pemanas keramik untuk memastikan suhu di area berjemur tetap sesuai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com