Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Buruk Bagi Sistem Kekebalan Tubuh, Kata Para Ahli

Kompas.com - 12/11/2023, 13:57 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutinitas yang padat membuat kita seringkali tidak sadar mengonsumsi makanan yang kurang sehat dalam tubuh kita.

Padahal, ada beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini dapat menyebabkan peradangan kronis dan melemahkan pertahanan tubuh, hingga meningkatkan risiko penyakit.

Sistem kekebalan tubuh merupakan gabungan kuat dari sel, jaringan, dan organ yang bekerja keras melindungi tubuh dari ancaman mikroorganisme seperti bakteri dan virus.

Pakar nutrisi sependapat, mengonsumsi makanan yang kaya serat, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan sangat penting untuk menjaga keseimbangan mikrobioma dan mengontrol peradangan. Ini merupakan kunci keefektifan sistem kekebalan tubuh.

Dengan cuaca di Indonesia yang saat ini tidak menentu, ditambah aktivitas di luar ruangan yang tinggi, penting bagi kita untuk menghindari makanan yang biasanya dapat merugikan kekebalan tubuh kita.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Makanan yang memperburuk kekebalan tubuh

Berikut beberapa makanan yang bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh.

1. Gula

Mengambil kue, minuman, atau bahkan menikmati minuman anggur selama liburan mungkin terlihat seperti cara yang menyenangkan, tetapi sebenarnya tindakan ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah hingga tingkat yang berbahaya.

Hal ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh untuk sementara waktu, termasuk sel darah putih, yang mengurangi kemampuannya untuk menangkis kuman.

Panduan nutrisi umumnya menyarankan untuk membatasi "gula tambahan," yaitu tambahan gula yang dimasukkan dalam makanan selama proses produksi, agar tidak melebihi 10 persen dari asupan kalori harian.

Dalam diet harian sekitar 2.000 kalori, ini berarti tidak lebih dari 200 kalori dari gula tambahan, setara dengan sekitar 12 sendok teh yang dianggap cukup berlebihan.

American Heart Association bahkan merekomendasikan agar pria tidak mengonsumsi lebih dari sembilan sendok teh gula tambahan, dan wanita tidak lebih dari enam sendok teh.

Baca juga: 7 Tanda Kita Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

2. Daging olahan

Daging yang telah diolah, seperti bacon, sosis, dan potongan daging deli, mungkin terlihat menggoda. Namun, sebenarnya, makanan-makanan ini termasuk dalam kategori makanan yang tidak baik bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Daging-daging ini mengandung pengawet dan lemak jenuh, yang merupakan jenis lemak yang tidak sehat dan lebih baik dikurangi.

Mengonsumsinya secara rutin dapat menyebabkan peradangan kronis, membuat sistem kekebalan tubuh selalu waspada, dan seiring waktu dapat melemah.

Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk mengganti daging olahan dengan protein tanpa lemak yang diproses secara minimal, seperti dada ayam panggang, ikan, atau opsi nabati seperti lentil dan buncis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com