Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Buruk dan Baik bagi Penderita Diabetes

Kompas.com - 06/09/2023, 08:35 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalani pola makan yang sehat seringkali disebut sebagai cara terbaik bagi penderita diabetes yang memiliki kondisi kadar gula darah tinggi.

Apa yang kita makan bisa berpengaruh pada kadar glukosa yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Kemudian, insulin akan berperan untuk menggunakan glukosa tersebut sebagai energi dengan mengirimkannya ke sel-sel tubuh.

Namun bagi penderita diabetes, produksi insulin dalam tubuh tidak mencukupi atau insulin yang diproduksi pankreas tidak berfungsi dengan baik.

Lalu makanan apa saja yang harus dihindari penderita diabetes?

Baca juga: Diabetes Terjadi karena Konsumsi Gula Berlebih, Benarkah?

Minuman manis

Kesamaan yang dimiliki oleh kebanyakan soda, jus buah, dan es teh adalah bahwa mereka cenderung mengandung tingkat gula dan kalori yang tinggi. Namun, minuman itu memiliki sedikit atau bahkan tidak ada nilai gizi yang signifikan.

Jika mencari alternatif minuman yang segar dengan rasa alami, kita dapat mencoba mencampurkan air putih dengan berbagai jenis buah beri dan buah-buahan lainnya.

Air lemon serta air jeruk juga merupakan pilihan yang baik. Tidak hanya menyegarkan tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Minuman kopi manis

Minuman seperti latte, cappuccino, dan hidangan kopi khusus seringkali mengandung banyak gula, kalori, dan lemak jenuh yang dapat menjadi tambahan tidak sehat dalam menu harian kita.

Sebagai alternatif, disarankan untuk memilih kopi hitam dengan sedikit pemanis buatan atau sedikit susu skim untuk mengurangi asupan gula, kalori, dan lemak dalam minuman kopi kita.

Susu murni

Susu murni memang mengandung banyak kalori, gula, dan lemak jenuh, yang semua ini dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan peningkatan resistensi insulin.

Sebagai gantinya, lebih baik memilih susu rendah kalori seperti dua persen, satu persen kalori, atau yang terbaik kita bisa memilih susu skim.

Susu alternatif yang bisa kita coba adalah susu almond, susu beras, atau susu kedelai yang tidak mengandung pemanis.

Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, kornet, dan lainnya justru mengandung lemak jenuh dan natrium yang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi daging olahan ini.

Sebagai alternatif, disarankan untuk memilih daging yang rendah sodium atau bahkan lebih baik, memotong daging yang telah dipanggang di rumah.

Topping dan saus

Perlu diingat, topping sandwich, topping salad, dan berbagai saus juga dapat berkontribusi pada tingkat kesehatan. Sebagai contoh, mayones yang tinggi lemak dapat menjadi pilihan yang kurang sehat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com