Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Edward Hutabarat Pamerkan Keindahan Tenun Indonesia di Paris

Kompas.com - 18/11/2023, 06:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desainer Edward Hutabarat, bakal menampilkan keindahan seni tenun Indonesia dalam sebuah pameran yang berlangsung di Carrousel du Louvre, Paris, pada 28 November 2023-8 Januari 2024.

Bertajuk "Selimut Nusantara", pameran yang berkolaborasi dengan perusahaan media promosi digital global, Best of Indonesia ini, akan menyoroti kain-kain dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa di antaranya ada tenun ikat dari Sumba dan Timor (Nusa Tenggara Timur) serta Bali dan Sumbawa (Nusa Tenggara Barat). Kemudian, ada pula ulos dari Samosir dan songket Sumatera.

"Indonesia dikenal dengan sandang, pangan, dan papan. Inilah yang membentuk peradaban mereka," kata Edo- begitu sapaan akrab Edward, saat acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/11/2023).

"Dalam pameran ini saya tidak lagi membawa wastra sebagai fesyen yang hanya dianggap 'a piece of clothes', tetapi juga sebagai sebuah peradaban."

"Ini semua kain yang saya temukan selama lebih dari 20 tahun berkeliling Indonesia," ujarnya.

Bersama dengan tekstil-tekstil ini, terdapat foto-foto karya Edo yang memberikan gambaran sekilas tentang asal-usul dan proses pembuatannya.

Foto-foto ini sekaligus menjadi saksi dari kehidupan dan komunitas yang membuat dan yang mengelilingi kain-kain tersebut.

"Kurang lebih ada 20 kain yang saya bawa dan 50 foto yang sudah dikurasi akan ditampilkan dalam pameran tersebut," ungkap Edo.

Selain itu, pameran ini juga akan menampilkan penghormatannya kepada Candi Borobudur yang megah di Jawa Tengah, di mana ia pernah membuat peragaan busana dari beberapa kainnya pada November 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com