Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2023, 17:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pets Radar

KOMPAS.com - Memelihara kucing di dalam rumah atau membebaskannya berkeliaran di luar rumah sebenarnya tergantung pada preferensi setiap orang.

Tapi, jika kita memutuskan untuk memelihara kucing di dalam rumah, kita mungkin khawatir anabul tidak akan sebahagia kucing yang bisa keluar masuk sesuka hati.

Untungnya, ada satu hal penting yang dapat dilakukan untuk membuat kucing tetap merasa bahagia dan sehat di dalam rumah.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya dari seorang psikolog perilaku kucing, Saba Sayyed, yang dikenal dengan nama A Cat Psychologist, sebagaimana dikutip dari laman Pets Radar berikut ini.

Baca juga: Kucing Butuh Olahraga, Berapa Durasinya dalam Sehari?

Membuat rutinitas bermain di rumah
Dalam sebuah video Instagram yang diunggahnya baru-baru ini, Saba mengungkapkan tentang kebutuhan dasar kucing jika kita ingin anabul bahagia dan sehat, serta tidak berperilaku negatif di dalam rumah.

Salah satunya adalah dengan membuat rutinitas bermain setiap hari bagi kucing.

"Ajak kucing berlari, melompat, dan berburu. Pastikan kita meluangkan waktu setiap hari untuk bermain dengan kucing walaupun sebentar, karena sedikit stimulasi fisik dan mental pasti akan membuatnya senang," terang Saba.

Penting juga untuk memberi kucing akses ke berbagai ruangan di seluruh rumah, sehingga anabul bisa mengeksplorasi kegiatannya di dalam rumah.

Selain itu, kita juga bisa menyediakan mainan yang mendukung kesehatan kucing seperti tiang garuk.

"Sesekali bawa kucing ke luar rumah. Entah itu mengajaknya berjalan-jalan dengan tali, atau membuatkan teras agar kucing bisa bermain dengan aman dan terlindungi," saran Saba.

Namun, apabila kucing tampaknya mulai terlihat stres di rumah, kita bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk membuat rekomendasi lain demi menjaga kucing tetap bahagia dan sehat di rumah.

Baca juga: 5 Kelakuan Aneh Kucing yang Sulit Dimengerti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com