Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 17:00 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar nasehat bahwa jika ingin sukses kita juga harus mengikuti kebiasaan orang-orang sukses?

Hal itu sebagian memang benar. Tetapi menjadi sukses dalam semalam dengan meniru kebiasaan orang-orang sukses adalah angan-angan belaka, karena kesuksesan tidak bisa didapat hanya lewat perubahan jangka pendek.

Kesuksesan berasal dari penerapan perubahan positif secara konsisten di berbagai aspek kehidupan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan.

Tindakan ini bukan hanya menambah rutinitas positif, namun juga membuang kebiasaan negatif yang mungkin menghambat kemajuan. Bisa jadi selama ini kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan negatif tanpa kamu sadari.

Baca juga: Ikuti 7 Kebiasaan Orang Sukses Ini Jika Ingin Kaya

Lalu apa saja kebiasaan negatif sehari-hari yang dapat menghambat jalan menuju kesuksesan?

1. Menjadi orang yang terlalu baik

Mungkin kamu pernah berpikir “Kalau baik ya baik saja, tidak ada yang namanya terlalu baik”.

Namun yang dimaksud bersikap terlalu baik di sini adalah tidak bisa menolak permintaan orang lain, alias selalu bersedia saat dimintai bantuan.

Mengejutkannya, bersikap terlalu baik dapat menimbulkan dampak psikologis yang negatif karena sikap baik yang terus-menerus dapat menyebabkan seseorang menyerap emosi negatif, berpotensi mengakibatkan depresi, kecemasan, atau kecanduan.

Meskipun bersikap baik dan ramah adalah salah satu ciri sopan santun, penting untuk menyadari bahwa ada orang yang mungkin mengeksploitasi kebaikanmu dan menganggapnya sebagai kelemahan.

Kunci untuk mencegah “menjadi terlalu baik” adalah menjaga keseimbangan dengan bersikap baik dalam lingkungan sosial namun menerapkan sikap yang adil dan tegas dalam situasi profesional.

Kita perlu juga memiliki prioritas terhadap diri kita dan tujuan hidup kita, bukan hanya memikirkan orang lain.

2. Menghindari ketidaknyamanan

Banyak orang —dan hampir semuanya— tidak suka merasa tidak nyaman.

Namun walaupun rasa tidak nyaman merupakan hal yang tidak disukai, upaya untuk mencapai hal-hal terbaik dalam hidup sering kali membutuhkan upaya dan kemauan untuk keluar dari zona nyaman.

Kenyataannya, hal ini juga sebuah kebiasaan penting di antara orang-orang sukses karena mereka mencapai kesuksesan tersebut setelah melewati banyak rintangan.

Sayangnya, banyak orang percaya bahwa kesuksesan akan datang dengan mudah jika mereka mempertahankan status quo, atau situasi yang sedang dijalani, sehingga membuat mereka gagal mencapai potensi penuh mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com