Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2023, 11:59 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu adalah seorang pemula yang baru mau memulai rutinitas berolahragamu? Atau kamu sudah memiliki rutinitas olahraga sejak lama?

Tidak masalah tentang siapapun kamu, perlu diketahui bahwa dalam berolahraga terdapat waktu yang dianggap “terbaik” untuk melakukannya.

Menurut temuan terbaru, menyetel alarm antara jam 7 pagi dan 9 pagi untuk melakukan olahraga atau latihan akan membawa segudang manfaat, mengubah rutinitas pagi menjadi pembangkit tenaga untuk pengelolaan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Ini bukan hanya tentang berolahraga tetapi juga memanfaatkan momen yang tepat untuk mengeluarkan potensi penuh dari tubuh dan pikiran.

Penasaran kapan waktu yang tepat untuk kamu melakukan olahraga? Simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Waktu Olahraga yang Paling Efektif Bakar Lemak

Waktu terbaik untuk berolahraga

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun direkomendasikan untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang setidaknya 150 hingga 300 menit per minggu dan dikombinasikan dengan latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu.

Namun sayangnya, masih belum banyak yang diketahui tentang kapan waktu ideal untuk melakukan sesi latihan ini.

Karenanya, sebuah tim peneliti baru-baru ini menyelidiki “pola diurnal” aktivitas fisik sedang hingga berat untuk mengetahui pengaruhnya terhadap obesitas.

Penelitian yang kemudian diterbitkan dalam jurnal Obesity ini didasarkan pada data survei National Health and Nutrition Examination yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS, melibatkan lebih dari 5.280 orang untuk dianalisis secara cross-sectional.

Dari penelitian tersebut kemudian lahirlah kesimpulan bahwa pagi hari adalah waktu yang ideal untuk meningkatkan manfaat olahraga dalam memerangi obesitas, dan dengan demikian meningkatkan pengelolaan berat badan.

Antara jam 7 pagi hingga jam 9 pagi

Disebutkan dalam sebuah penelitian baru-baru ini, ditemukan bahwa individu yang melakukan aktivitas fisik di pagi hari menunjukkan indeks massa tubuh dan lingkar pinggang yang lebih rendah.

Kelompok yang berolahraga di pagi hari juga mampu mempertahankan pola makan yang lebih sehat dan mengonsumsi lebih sedikit kalori harian.

Berdasarkan penelitian tersebut, disimpulkan bahwa waktu paling efektif untuk pengelolaan berat badan melalui aktivitas fisik intensitas sedang hingga tinggi adalah antara jam 7 pagi dan 9 pagi.

Menurut Rebecca Krukowski PhD, seorang psikolog klinis dengan keahlian pengelolaan berat badan, temuan ini sejalan dengan saran untuk menjadwalkan olahraga pagi guna meningkatkan kebugaran.

Namun, dia memperingatkan bahwa sifat penelitian masih membuka kemungkinan lain, tergantung masing-masing orang.

“Tidak diketahui apakah orang yang berolahraga secara konsisten di pagi hari secara sistematis berbeda dengan mereka yang berolahraga di waktu lain. Seperti misalnya, bahwa orang-orang yang selalu suka bangun pagi-pagi untuk berolahraga di pagi hari mungkin secara biologis berbeda dengan rekan-rekan mereka yang suka tidur larut,” jelasnya.

Dan faktor tersebut harus diperhitungkan dalam penelitian lebih lanjut mengenai manfaat aktivitas fisik sedang hingga berat di pagi hari terhadap obesitas.

Baca juga: Waktu Olahraga Terbaik Berdasarkan Hasil Riset

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com