Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2023, 11:34 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Beberapa orang mungkin tidak begitu menyukai seledri karena aromanya.

Tetapi, ini adalah sayuran serbaguna yang dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam berbagai aneka hidangan, dan bahkan dijadikan sebagai pilihan camilan yang sehat.

Menurut seorang ahli diet olahraga di Garage Gym Reviews, Destini Moody, RDN, CSSD, LD, seledri mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, terutama dalam membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa antioksidan dalam seledri dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu mengontrol gula darah.

Sementara penelitian lain menunjukkan, seledri memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meminimalkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Apakah seledri bisa membantu menurunkan berat badan?

Seledri dapat dikatakan sebagai sayuran yang mampu membantu menurunkan berat badan karena padat nutrisi, yang berarti sayuran ini mengandung banyak nilai gizi tanpa banyak kalori.

Menurut USDA, satu batang seledri ukuran sedang mengandung sekitar 23 kalori.

Selain itu, seledri juga memiliki kandungan air yang tinggi, yakni antara 90 hingga 99 persen, serta merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik, yang dapat membantu mengenyangkan dan mencegah makan berlebihan.

"Memasukkan seledri ke dalam diet penurunan berat badan sebagai bahan dalam resep sehat atau hanya sebagai camilan adalah cara yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan," saran Destini.

Baca juga: Manfaat Jus Seledri untuk Jaga Kesehatan Jantung hingga Kulit

Cara seledri membantu menurunkan berat badan

Setelah memastikan bahwa seledri dapat membantu kita menurunkan berat badan, berikut adalah lima alasan mengapa seledri merupakan tambahan yang sangat baik untuk diet sehat kita.

1. Rendah kalori

Seledri adalah sayuran yang ramah untuk menurunkan berat badan, terutama karena jumlah kalorinya yang sangat rendah.

Dengan kalori yang hampir tidak berarti, memungkinkan kita untuk menikmati kerenyahan yang memuaskan tanpa menyabotase upaya penurunan berat badan.

Hal ini membuat seledri menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan sambil menikmati camilan yang menyegarkan dan bebas rasa bersalah.

"Satu cangkir seledri cincang mengandung hanya 16 kalori, jadi sangat kecil kemungkinannya untuk menambah berat badan setelah makan seledri dalam jumlah banyak," kata Destini.

2. Bisa jadi pilihan camilan yang sehat

Sebagai camilan yang renyah dan menghidrasi, kerenyahan alami seledri membuatnya menjadi alternatif yang memuaskan untuk camilan yang kurang sehat seperti keripik atau makanan manis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com