Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda dengan Jahe Biasa, Ini 5 Manfaat Jamu Jahe Merah untuk Kesehatan

Kompas.com - 05/01/2024, 15:03 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jahe merah termasuk tanaman herbal yang biasa diracik sebagai jamu. Tanaman ini dikenal memiliki efek menghangatkan tubuh. 

Selain itu, menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., jahe merah juga menjadi salah satu bahan baku yang sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Baca juga: Singgah ke Taman Sari Hari Jumat Pagi, Bisa Minum Jamu Gratis

“Masyarakat Indonesia sudah familiar dengan segala jenis jahe, pasti ada aja orang Indonesia yang nge-stock (menyediakan) jahe di dapurnya karena bisa dimanfaatkan untuk banyak hal,” ujar Inggrid kepada Kompas.com saat ditemui di RSUD Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024). 

Menurut Inggrid, ada lima manfaat utama yang bisa didapat dari jahe merah. Berikut selengkapnya:

Baca juga: 

Manfaat jahe merah untuk tubuh

1. Anti-aging

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) memegang jamu jahe merah yang dibagikan kepada pengunjung RSUD Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024)KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) memegang jamu jahe merah yang dibagikan kepada pengunjung RSUD Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (5/1/2024)

Inggrid mengatakan, jahe merah kaya akan zat-zat antio-ksidan. Hal tersebut, lanjutnya, dibuktikan dari salah satu penelitian yang menunjukkan bahwa jahe merah berdaya anti-oksidan cukup kuat. 

Hal itulah yang membuat jahe merah bermanfaat sebagai ramuan herbal untuk mencegah penuaan. 

“Jahe merah ini punya banyak sekali zat-zat antioksidan. Zat-zat inilah yang berfungsi untuk mengendalikan proses penuaan. Jadi kalau rutin minum jahe merah ini untuk tindakan promotif, orang-orang bisa terhindar dari penuaan dini,” tuturnya. 

Baca juga:

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat pull up bagi tubuh juga untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan.FREEPIK/TIRACHARDZ Manfaat pull up bagi tubuh juga untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan.

Tak hanya mencegah penuaan, zat-zat anti-oksidan yang terkandung dalam jahe merah juga bermanfaat untuk memperkuat imun tubuh. 

Selain itu, jenis jahe yang satu ini juga banyak mengandung vitamin C dan magnesium, yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. 

Baca juga: Manfaatkan Jahe Merah untuk Penurunan Berat Badan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com