Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2024, 14:46 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jas hitam adalah pakaian formal yang kerap digunakan pria dalam berbagai acara. Pemakaian jas hitam biasanya dilengkapi dengan dasi. 

Namun, beberapa pria kerap bingung memilih warna dasi yang cocok untuk jas hitam. Meskipun hitam adalah warna netral yang cenderung aman, namun padu padan jas, dasi, dan kemeja yang kurang tepat justru menjadikan penampilang kurang menarik. 

Baca juga:

Lantas apa warna dasi yang cocok untuk jas hitam? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Suits Expert dan Ready Sleek. 

Warna dasi yang cocok untuk jas hitam 

Aturan utama dalam padu dapan jas, kemeja, dan dasi adalah warna dasi harus lebih gelap dari kemeja, dilansir dari Suits Expert. 

Sementara, jas yang gelap cenderung lebih cocok dipadukan dengan dasi yang gelap, meskipun tidak menutup ada dasi warna terang yang sesuai dengan kemeja bernuansa gelap.

Berikut warna dasi yang cocok untuk jas hitam: 

1. Hitam 

ilustrasi jas hitamShutterstock/Dean Drobot ilustrasi jas hitam

Kombinasi jas hitam dan kemeja putih adalah setelah pakaian yang tidak pernah salah. Namun hati-hati, pemilihan warna dasi yang salah bisa mengacaukan penampilan kamu. 

Pilihlah warna dasi sesuai dengan acara formal, semi formal, atau non formal. Aturannya, semakin formal suatu acara, maka sebaiknya pilih dasi warna gelap.

Pada umumnya, para pria memilih dasi berbentuk kupu-kupu, untuk acara formal dilansir dari Suits Expert. Selain kemeja putih, dasi warna hitam juga cocok untuk melengkapi kemeja warna lain, seperti biru, abu-abu, dan hitam. 

2. Merah 

Sementara, untuk acara yang lebih santai, dasi warna merah dapat menjadi alternatif. Kombinasi jas hitam, kemeja hitam, dan dasi merah pasti akan menarik perhatian, dilansir dari Ready Sleek. 

Sebaiknya, hindari menggunakan dasi merah berbahan mengkilap karena terlihat kuno, dilansir dari Suits Express. Sebagai gantinya, pilih dasi merah berbahan matte atau wol.

3. Abu-abu 

ilustrasi jas hitam dengan dasi abu-abuShutterstock/Logoboom ilustrasi jas hitam dengan dasi abu-abu

Dasi abu-abu juga cocok untuk melengkapi jas hitam. Agar penampilan makin menawan, pilihlah kemeja dengan warna  putih, dilansir dari Suits Express. 

Selain itu, dasi abu-abu juga bisa dipasangkan dengan jas hitam dan kemeja hitam, dilansir dari Ready Sleek. Perpaduan warna tersebut memberikan siluet tubuh yang lebih ramping.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com