Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Minuman Terbaik untuk Redakan Perut Kembung Secara Cepat

Kompas.com - 08/01/2024, 11:49 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perut kembung mengakibatkan perasaan sesak, tertekan, atau penuh pada perut yang menimbulkan rasa tidak nyaman, dan bahkan menyakitkan.

Bagi kebanyakan orang, perut kembung cenderung hilang setelah beberapa saat, tetapi yang lain mengalaminya secara berulang karena masalah pencernaan atau fluktuasi hormon.

Ada pun penyebab paling umum dari perut kembung adalah gas yang berlebih akibat terlalu cepat makan, atau memiliki kondisi lain yang menyebabkan gas dan isi pencernaan menumpuk.

Minuman untuk redakan perut kembung dengan cepat

Jika perut kembung yang kita alami tidak kunjung sembuh atau merasa khawatir ada kondisi lain, maka bicarakan hal ini pada dokter.

Namun, apabila kita mengalami perut kembung yang ringan dan ingin mencoba meredakannya dengan cepat, berikut daftar minuman yang dapat membantu.

1. Kefir

Makanan fermentasi termasuk makanan penambah daya ingat yang baik.

Beberapa makanan fermentasi termasuk kimchi, kombucha, kefir, dan yogurt.SHUTTERSTOCK Makanan fermentasi termasuk makanan penambah daya ingat yang baik. Beberapa makanan fermentasi termasuk kimchi, kombucha, kefir, dan yogurt.
Kefir adalah minuman susu fermentasi yang kaya akan probiotik dan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, serta meredakan kembung.

"Mikroorganisme menguntungkan yang ada di dalamnya membantu memecah makanan di usus, sehingga meredakan gas, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya," jelas ahli gizi dan pemilik Nutrition Now Counseling, Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT.

Selain itu, kefir juga dapat meningkatkan mikrobiota usus yang seimbang, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

"Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah orang mengonsumsi strain probiotik yang ditemukan dalam kefir setiap hari selama tiga minggu, perut kembung mulai berkurang," kata dia.

Baca juga: Manfaat Kefir, Tidak Hanya Baik untuk Usus

2. Teh jahe

Ilustrasi teh jahe. Bisa dijadikan minuman hangat yang menyehatkan saat musim hujan. Ilustrasi teh jahe. Bisa dijadikan minuman hangat yang menyehatkan saat musim hujan.
Selanjutnya, teh jahe masuk dalam daftar minuman yang dapat meredakan perut kembung.

"Ini adalah bantuan pencernaan yang bagus untuk mengosongkan perut, sehingga dapat membantu meredakan kembung," terang Amanda Sauceda, MS, RD, ahli gizi dan pemilik The Mindful Gut.

"Selain itu, jahe juga bersifat karminatif yang berarti bahwa jika kita merasa kembung karena perut bergas, maka teh jahe juga dapat membantu," jelas Sauceda.

Baca juga: 8 Minuman yang Bantu Melancarkan Pencernaan, Ada Teh Jahe

3. Teh hijau

Apa yang terjadi ketika minum teh hijau setiap hari?iStockphoto/kuppa_rock Apa yang terjadi ketika minum teh hijau setiap hari?
Dalam hal mengatasi kembung, teh hijau adalah kuncinya, berkat kandungan antioksidan dan katekinnya yang tinggi.

Di antara manfaat lain yang meningkatkan kesehatan, katekin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat yang dapat membantu menenangkan saluran pencernaan, mengurangi gas usus setelah makan, dan mengurangi kembung.

"Saya suka melengkapi makanan dengan secangkir teh hijau untuk membantu tubuh saya mengoptimalkan pencernaan dan merasa waspada," ujar pemilik Malina Malkani Nutrition, Malina Malkani, MS, RDN, CDN.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Rutin Minum Teh Hijau?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com