Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 06:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Impian pernikahan setiap orang bisa berbeda-beda. Namun rupanya, secara umum, kacenderungan impian juga bisa terlihat dari berbagai kategori, misalnya dari sesama generasi.

Generasi Z atau Gen Z, misalnya, yang kini sudah mulai memasuki usia pernikahan cenderung memiliki ide-ide berkesan untuk hari penting mereka.

Secara umum, dilansir dari ensiklopedia Britannica, orang-orang yang masuk kategori Gen Z adalah mereka yang lahir pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Sementara beberapa sumber menyebutkan secara spesifik pada kisaran 1997-2012.

Baca juga: 4 Tren Pesta Pernikahan Tahun 2024, Indoor dan Banyak Visual

Meski bervariasi, tetapi konsep pernikahan Gen Z saat ini mengarah pada pemanfaatan teknologi sebagai bagian dari dekorasi.

"Konsep wedding mungkin berubah-ubah ya, tapi kalau Gen Z sekarang yang sudah mulai mempersiapkan pernikahan akan lebih banyak menggunakan visual dan efek-efek," ucap Menurut CEO Weddingku Group, Tono Raharja kepada Kompas.com, Jumat (24/11/2023) lalu.

Sementara itu, perencana pernikahan dari Pink Bow Planner bernama Fiska mengungkapkan, pada 2024 banyak Gen Z memiliki ide pernikahan yang unik dari sebelumnya.

Menurutnya, kebanyakan Gen Z menyukai pernikahannya terkonsep. Meskipun, Fiska melihat banyak ide-ide tersebut terkadang sulit diwujudkan karena masalah teknis.

"Misalnya, ada yang ingin bunganya melayang, cuma kan di gedung ada skyhook yang bisa menjadi tempat menggantung bunga," ujar dia.

Baca juga: 7 Kado Pernikahan yang Bermanfaat dan Murah Rp 100.000-an 

Perlengkapan yang lebih rumit pada akhirnya berdampak pada bujet pernikahan yang membengkak.

Selain menggunakan teknologi seperti LED, Gen Z juga disebut mulai menerapkan tema-tema tertentu dalam pernikahan mereka. Misalnya, ingin membuat instalasi bunga-bunga karena membawa ide pernikahan ala dunia peri atau fairytale saat mendatangi perencana pernikahan.

Sedangkan dari segi warna, Fiska mengatakan, Gen Z cenderung lebih menyukai warna-warna solid.

"Dari segi warna, Gen-Z cenderung memilih warna-warna yang lebih bold dan solid, misalnya, peacock, biru, campur fuchsia," kata dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com