Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kebiasaan untuk Hindari Mood Jelek pada Pagi Hari

Kompas.com - 09/01/2024, 08:16 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pagi hari sebaiknya disambut dengan suasana hati yang baik. Sebab, mood (suasana hati) sepanjang hari bisa bergantung dari bagaimana cara mengawali pagi.

Mood seseorang bisa jelek sepanjang hari karena paginya dimulai dengan buruk. Contohnya, jika seseorang melewatkan alarm dan ketiduran maka sepanjang hari bisa mengalami stres. 

Baca juga: 

Sebaliknya, jika bangun dari tempat tidur dengan penuh energi dan segar maka harinya bisa lebih baik. Orang tersebut siap menghadapi tantangan hari itu.

Supaya bisa menjalani hari dengan semangat, Kompas.com telah merangkum empat kegiatan yang bisa dilakukan guna membangun mood pada pagi hari. Berikut selengkapnya:

Kiat membangun mood pagi hari

1. Perbaiki pola tidur

Latihan relaksasi malam untuk tidur nyenyakPexels Latihan relaksasi malam untuk tidur nyenyak

Asisten profesor di Harvard Medical School, Dr. Rebecca Robbins mengatakan, langkah pertama untuk membangun mood pagi hari adalah bangun tidur dengan mata cerah. 

“Bangun dari tidur dan merasa siap memulai hari memang membutuhkan waktu untuk dibiasakan,” jelas Robbins, dilansir dari Vogue, Senin (8/1/2024). 

Jika pola atau jam tidur terlanjur berantakan, Robbins menyarankan untuk mulai tertidur dengan keadaan lampu redup. 

“Redupkan lampu dan jauhkan segala perangkat elektronik Anda, satu jam sebelum waktu tidur, dan matikan sepenuhnya setidaknya tiga puluh menit sebelum Anda tidur,” tambahnya.

Durasi tidur yang ideal secara garis besar adalah delapan jam per hari. Dengan melakukan kebiasaan ini, kualitas tidur bisa membaik dan jam tidur ideal pun juga akan tercapai. 

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com