Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2024, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memulai diet terasa cukup sulit dan banyak godaan. Namun, ada sejumlah tips diet bagi pemula yang aman dan mudah untuk dijalankan. 

Diet merupakan salah satu cara untuk mencapai berat badan ideal dengan mengurangi berat badan. Tidak bisa dipungkiri, makanan yang dikonsumsi setiap hari sangat mempengaruhi berat badan. 

Baca juga:

Jadi, banyak orang memilih diet dengan mengatur pola makan dan komposisi makanan agar mencapai berat badan ideal. 

Tips diet bagi pemula 

Berikut sejumlah tips diet bagi pemula yang aman dan mudah serta efektif menurunkan berat badan, dilansir dari Everyday Health dan WebMD

1. Makan secara perlahan 

Makan secara perlahan dapat membuat program diet menjadi maksimal. Janet Zinn, Tenaga Klinis dan Psikoterapis di New York, menyarankan setiap kliennya untuk mengunyah makanan mereka secara perlahan, baru menelannya. 

Ia juga menyarankan klien untuk menikmati makanan mereka saat program diet.

Makan perlahan tidak hanya membuat kita lebih menikmati makanan, tetapi juga memberi isyarat kenyang yang lebih baik,” jelasnya dilansir dari Everyday Health.

Dikutip Healthline dalam Kompas.com (21/6/2023), proses mengunyah akan membantu sistem pencernaan. Rata-rata mengunyah makanan yang disarankan adalah 32 kali. 

Namun, untuk makanan yang lebih sulit halus seperti daging butuh hingga 40 kali mengunyah. Sebaliknya, makanan dengan tekstur lebih lembut cukup 10-15 kali mengunyah. 

2. Kurangi kalori 

Ilustrasi makanan tinggi kalori, ilustrasi makanan cepat saji, ultra-processed foodsShutterstock/Syda Productions Ilustrasi makanan tinggi kalori, ilustrasi makanan cepat saji, ultra-processed foods

Diet dimulai dengan mengatur ulang isi piringmu. Melansir dari Everyday Health, mayoritas piring sebaiknya diisi dengan sayuran. 

Isilah separuh piringmu dengan sayur-sayuran, seperempat piring biji-bijian, dan seperempat piring protein tanpa lemak,” ujar Konsultan Nutrisi di Boston, Lainey Younkin. 

Diet akan efektif jika kamu mengurangi porsi kalori. 

3. Kurangi makanan olahan 

Selain mengurangi kalori, kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan olahan atau ultra-processed foods. 

Sebaiknya, konsumsi makanan utuh atau whole food, yakni makanan minim proses pengolahan dan tidak mengubah bentuk asli dari bahan makanan itu sendiri.

Tidak bisa dipungkiri, makanan olahan memang sangat menggoda, karena sudah mendapatkan banyak tambahan bahan-bahan. Sayangnya, justru komponen tambahan pada makanan olahan itu bisa membuat diet gagal. 

“Ultra-processed foods cenderung mengandung tambahan gula, lemak, dan garam dalam jumlah besar. Penelitian menunjukkan bahwa orang dapat mengonsumsi hingga 500 kalori lebih setiap hari ketika mereka makanan ultra-processed foods,” ujar Konsultan Nutrisi dari Illinois, Christine M. Palumbo, dilansir dari Everyday Health

Baca juga:

4. Mulai dari hal kecil 

Ilustrasi diet. Berikut tips diet bagi pemulaSHUTTERSTOCK Ilustrasi diet. Berikut tips diet bagi pemula

Mengubah pola makan secara drastis dan tiba-tiba bukanlah hal mudah. Oleh sebab itu, mulailah dari hal kecil secara bertahap dan konsisten, dilansir dari WebMD

Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan satu perubahan saja setiap minggunya, agar kamu memiliki waktu untuk menjadikan perubahan itu sebagai kebiasaan. 

Cara terbaik dan termudah untuk memulainya adalah dengan mengisi lemari es dengan makanan sehat. Selain itu, kumpulkan beberapa resep makanan sehat dan mencobanya satu per satu. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com