Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Lompat Tali untuk Kesehatan, Termasuk Menyehatkan Jantung

Kompas.com - 17/01/2024, 13:21 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kebanyakan orang pernah bermain lompat tali saat masih kecil, baik di halaman rumah atau di sekolah bersama teman-teman.

Saat itu, karena dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan, kita mungkin tidak menganggapnya sebagai cara yang baik untuk berolahraga. 

Namun sekarang, sebagai orang dewasa yang menganut gaya hidup sehat, kita mungkin ingin melakukannya lagi untuk membantu mencapai kebugaran dan kesehatan.

Tapi apakah lompat tali benar-benar membuahkan hasil? Dan apakah itu termasuk latihan kardio yang bagus?

Jawabannya ya! Lompat tali dapat membantu meningkatkan koordinasi, meningkatkan detak jantung, dan membantu membakar kalori — dan ini merupakan cara yang mudah dan terjangkau untuk melakukan latihan kardio.

Baca juga: Kenali, Manfaat dan Cara Lakukan Olahraga Lompat Tali

Ahli fisiologi olahraga Katie Lawton, MEd, menjelaskan manfaat lompat tali dan cara memulainya.

Apa itu lompat tali?

Konsep dasar lompat tali adalah gerakan mengayunkan tali melewati kepala lalu melompat saat tali itu berada di bawah kaki. Ulangi proses ini selama kamu bisa (atau ingin). Tujuannya adalah untuk membangun ritme yang konsisten.

Dan ada banyak variasi cara melakukannya.

Kita dapat melompat dengan memutar tali ke arah depan tubuh atau sebaliknya, memutar tali ke belakang — namun perhatikan bahwa lebih sulit untuk melihat tali dengan cara ini. 

Kita dapat melompat dengan cepat atau mencoba melakukan double-under, yaitu mengayunkan tali sebanyak dua kali sebelum mendarat. Kita bahkan dapat mencoba melompat dengan satu kaki.

“Lompat tali adalah latihan kardiovaskular yang bagus,” kata Lawton. “Ini bisa meningkatkan detak jantung, dan kita dapat melakukannya untuk melengkapi program latihan kekuatan.”

Jika sudah mahir, kita juga dapat memilih tali yang lebih berat untuk melatih otot tangan kita, atau mencoba speed rope, bila ingin meningkatkan kecepatan.

Manfaat lompat tali

Tertarik mencobanya? Inilah manfaat lompat tali:

Meningkatkan detak jantung 

Lompat tali bisa menjadi bentuk latihan kardio yang baik, yang meningkatkan detak jantung dan membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

“Bergantung pada seberapa cepat kita lompat tali, ini akan melibatkan lebih banyak latihan kardiovaskular anaerobik karena kita menggunakan tangan dan kaki untuk lompat tali,” jelas Lawton. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com