Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Anggun C Sasmi Jalani Kehidupan agar Lebih Bahagia

Kompas.com - 24/01/2024, 12:10 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi Anggun C Sasmi punya cara tersendiri saat menghadapi setiap masalah yang datang di dalam kehidupan. Ini membuatnya lebih kuat menjalani kehidupan agar lebih merasa bahagia. 

Dia sangat menyadari kalau kehidupan itu tidak selalu berjalan mulus. Mulai dari masalah keuangan, konflik hubungan atau tekanan pekerjaan bisa menyebabkan stres berkepanjangan.

Pelantun lagu "Mimpi" itu pun memahami kalau setiap masalah yang datang perlu disikapi dengan bijak agar tidak memengaruhi kebahagiaan di dalam kehidupan.

Anggun mengakui, meningkatkan kesadaran diri (mindful) dapat membantunya memiliki kondisi mental yang lebih baik.

"Kalau saya harus sadar diri, karena mental health itu terkadang datangnya dari kita. Kita sendiri yang harus melindungi diri dan memotivasi diri sendiri," kata Anggun saat ditemui Kompas.com di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: 4 Cara Sederhana yang Membuat Hidup Lebih Bahagia

Salah satu caranya adalah dengan tidak bergantung kepada orang lain. Sebab, Anggun merasa kalau setiap masalah yang dihadapi, hanya diri kita yang tahu kondisi sebenarnya seperti apa.

Kemudian upayakan untuk menguatkan diri dengan meningkatkan kesadaran hingga self-esteem agar tidak menjadi orang yang lemah secara mental.

Meningkatkan self-esteem ini melibatkan perubahan pola pikir, sikap dan perilaku demi mencapai pandangan diri yang lebih positif dan percaya diri untuk berani menghadapi setiap masalah yang ada, dan bukan untuk dihindari.

"Kita harus bisa memotivasi diri, jangan ketergantungan orang lain atau sedikit-sedikit langsung (mental down). Sadari kalau hidup ada naik-turunnya. Semua harus dijalani, namanya juga cobaan, ya, harus dicobain (biar bahagia)," pungkasnya.

Baca juga: 8 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kita Lebih Bahagia

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com