Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2024, 17:16 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ternyata, tak sedikit orang yang mencari tahu penyebab munculnya rasa kesepian meski sudah memiliki pacar.

Sebab, memiliki pasangan mungkin membuat kita secara fisik tidak sendirian. Namun, rasa kesepian bisa menghinggapi siapa saja.

Ternyata, ada perbedaan antara rasa sendiri dan kesepian dalam hubungan.

"Kesepian terasa seperti saya dan kamu berada di satu ruangan. Segala hal yang ada di sana penting buatmu, kecuali saya. Seolah saya tidak ada atau membuatmu bergeming," ujar terapis pernikahan dan keluarg, Joy Berkheimer, PhD, seperti dikutip Well and Good.

Sementara sendirian adalah seperti kita berada dalam satu tim yang isinya hanya kita saja atau pasangan kita kurang bisa memahami kita.

Baca juga:

Sementara itu, seperti dilansir Time, salah satu alasan merasa kesepian adalah karena hubunganmu tidak berjalan dengan baik seperti dulu.

Dalam konteks hubungan pernikahan, survei Pew Research Center pada 2018 menemukan bahwa 28 persen orang yang tidak puas dengan kehidupan keluarga mereka merasa kesepian sepanjang atau hampir sepanjang waktu.

Rasa kesepian ini seringkali muncul ketika pasangan kehilangan hubungan emosional mereka.

"Bahkan dalam hubungan yang paling baik sekalipun, akan ada saat-saat ketika salah satu atau kedua pasangan mungkin menjauh, sehingga hubungan terasa agak jauh dan terasing satu sama lain," ujar terapis keluarga dan pernikahan berlisensi di Los Angeles, Gary Brown.

Agar tak lagi menerka-nerka, lebih jauh, berikut penyebab punya pacar tapi kesepian, seperti dirangkum dari sejumlah sumber.

Penyebab punya pacar tapi kesepian

1. Tidak memprioritaskan hubungan

Kesibukan harian bisa membuat jadwal seseorang padat dan adanya komitmen-komitmen penting lainnya yang membuat waktu khusus bersama pasangan menjadi berkurang.

Pada akhirnya, hubungan pun tidak menjadi prioritas utama.

"Jika pasangan terlalu sibuk atau tidak memprioritaskan hubungan mereka atau meluangkan waktu untuk satu sama lain, mereka bisa jadi menjalani kehidupan yang tidak seimbang," kata terapis pasangan Kimberly Panganiban, LMFT.

Semakin lama dibiarkan, maka kamu dan pasangan bisa semakin kurang terhubung dan inilah yang memunculkan rasa kesepian.

2. Pasangan tidak mendukung target kita

Hal lain yang mungkin menyebabkan rasa kesepian meski punya pacar adalah karena pasangan seperti tidak peduli, tidak suportif, atau tidak menunjukkan upaya apapun untuk membantu targetmu dan target bersama.

"Jadi kamu merasa seperti bekerja sendirian saja," kata Berkheimer.

Misalnya, jika kamu sedang berusaha menulis sebuah novel dan butuh mendedikasikan waktu pada malam hari untuk menulis, tapi pasanganmu malah mengharapkanmu melakukan sesuatu yang di luar dukungan untuk menulis, maka tak heran jika kamu merasa tidak didukung.

Bukan berarti dia harus secara langsung membantumu menulis untuk menunjukkan dukungan. Namun, menunjukkan rasa hormat dan dukungan mendasar juga merupakan bagian dari hubungan yang sehat.

Baca juga:

Misalnya, mengirimkanmu minuman dan makanan kesukaan untuk menemani menulis, serta tidak mengganggu waktu yang kamu dedikasikan untk menulis dan mengalihkan waktu bertemu di lain hari.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com