Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang yang Hobi Olahraga Memiliki Pencernaan yang Sehat?

Kompas.com - 27/01/2024, 20:20 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Orang yang rutin berolahraga, umumnya lebih jarang mengalami masalah pencernaan. Apa alasannya? Ternyata ini terkait dengan kinerja usus dan keseimbangan mikrobioma.

Mikrobioma usus mendapat banyak perhatian karena perannya dalam kesehatan secara keseluruhan. Usus yang sehat berarti pencernaan yang lebih baik dan kekebalan yang lebih tinggi. 

Kesehatan pencernaan juga dapat berperan dalam mencegah kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kondisi autoimun.

Mungkin kamu sudah mengonsumsi probiotik dan mengonsumsi lebih banyak makanan nabati untuk menjaga kesehatan usus. Namun ada langkah yang kerap diabaikan — padahal sama pentingnya — untuk mengoptimalkan mikrobioma tersebut: Olahraga.

Baca juga: 10 Makanan Kaya Serat, Baik untuk Kesehatan Pencernaan hingga Jantung

Bagaimana olahraga membantu kesehatan usus?

“Olahraga adalah salah satu cara ampuh untuk meningkatkan mikrobioma usus,” kata ahli gastroenterologi Christine Lee, MD. “Ini bahkan mungkin 'obat' terbaik yang kami miliki untuk usus.”

Olahraga meningkatkan kesehatan usus karena:

Meningkatkan motilitas (gerakan) usus

Saluran pencernaan kita memiliki ritme yang membuatnya terus bergerak. Jika terlalu cepat, kita mungkin akan bolak balik ke toilet. Terlalu lambat, kita akan mengalami kembung, gas, nyeri, dan mual. 

Nah, olahraga teratur memungkinkan usus kita menemukan kecepatan yang sempurna.

“Saluran pencernaan kita adalah otot, dan menggerakkan tubuh bermanfaat untuk semua otot, termasuk usus,” jelas Dr. Lee. “Saat kita tidak aktif secara fisik, otot-otot di usus kita juga menjadi kurang aktif. Seiring waktu, mereka kehilangan koordinasi dan kekuatan alaminya.”

Meningkatkan sirkulasi

Selama berolahraga, jantung memompa lebih keras dan lebih cepat untuk mengantarkan darah dan oksigen ekstra ke otot kita, termasuk ke sistem pencernaan.

“Olahraga meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh, termasuk ke usus dan organ lainnya,” kata Dr. Lee. “Ketika saluran pencernaan memiliki aliran yang baik, saluran tersebut menjadi lebih kuat, sehat, dan lebih mampu menjaga keseimbangan bakteri sehat.”

Mengencangkan otot pencernaan 

Aktivitas fisik memberi kekuatan otot yang bagus, dan bukan sekedar otot bisep atau perut. Saat kita bugar, otot usus juga menjadi lebih kuat dan efisien. Usus menggunakan otot-ototnya yang bugar untuk membuang limbah yang tidak diinginkan secara lebih menyeluruh.

“Banyak orang mengira mereka tidak mengalami sembelit karena mereka buang air besar secara teratur atau sering,” kata Dr. Lee. “Tetapi bebebrapa orang sering buang air besar karena usus mereka tidak mengosongkan sepenuhnya.”

Olahraga membuat kontraksi usus – yang dikenal sebagai gerak peristaltik – lebih kuat dan efektif.

“Kualitas peristaltik yang lebih baik memungkinkan usus dapat mengosongkan lebih efektif,” lanjutnya. “Ini adalah bagian penting dari kesehatan pencernaan karena ia mengeluarkan limbah dari tubuh sebelum mengganggu mikrobioma kita.”

Baca juga: Berbagai Makanan yang Baik dan Buruk untuk Sistem Pencernaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com