Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Kulit Eksim Ricky Harun, Jaga Kebersihan hingga Pakai Pelembap

Kompas.com - 01/02/2024, 09:42 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktor Ricky Harun rupanya sudah berjuang dengan masalah kulit eksim sejak kecil.

Kondisi kulitnya yang termasuk jenis kulit kering, ditambah lagi efek alergi perubahan suhu dan udara membuat eksimnya lebih mudah kambuh.

"Awalnya alergi, jadinya sampai kulit kepala juga berkerak. Dulu memang agak cuek merawat kulit, tetapi semenjak berkeluarga saya menjadi lebih menjaga pentingnya perawatan kulit," kata Ricky Harun kepada Kompas.com, di kantor pusat Our In One, Melawai, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ya, bapak dari empat anak itu juga mengakui, dulunya dia begitu cuek dengan perawatan kulit. Alhasil, eksim yanh dialami hanya ditangani dengan perawatan kulit sederhana.

Misalnya saat remaja dan mulai bekerja sebagai figur publik. Usai syuting, Ricky Harun selalu membersihkan sisa makeup dan menjaga kulitnya tetap lembap dengan diberikan lap dingin atau es batu.

Tapi sekarang, tingkat kesadarannya merawat kulit menjadi lebih tinggi. Sejak berkonsultasi dengan ahlinya (dokter kulit), Ricky jadi lebih memahami kalau faktor utama dalam menjaga kondisi kulit eksimnya adalah dengan menjaga kebersihan kulit harian, yakni mandi.

Baca juga: Cerita Ricky Harun Berjuang dengan Masalah Kulit Eksim

"Kalau sekarang jadi fokus ke kebersihan kulit, ya. Buat saya mandi itu penting karena kulit sensitif harus dijaga betul kebersihannya. Cara ini juga saya terapkan ke anak-anak," tambah Ricky.

Di samping itu, mengoleskan pelembap setiap hari usai mandi juga menjadi prioritasnya.

Kata Ricky, kulit eksim yang cenderung kering apalagi sensitif seperti dirinya, penting untuk dijaga tingkat hidrasi kulit agar tidak mudah iritasi.

"Sekarang jadi rutin pakai pelembap. Karena kalau kulit tidak lembap, dia akan kering, bersisik, gatal dan mudah iritasi," pungkas Ricky.

Baca juga: Kondisi Kulit Anak Bikin Ricky Harun Lebih Peduli Merawat Kulit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com