Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wastra Batik, Tenun dan Songket Melayu Bakal Tampil di NYFW 24/25

Kompas.com - 02/02/2024, 16:16 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua dari lima desainer lokal bakal tampil di panggung Indonesia Now, New York Fashion Week (NYFW) Fall Winter 24/25 pada 10 Februari 2024 di New York, AS.

Koleksi yang akan mereka suguhkan di pekan mode bergengsi itu berupa wastra seperti batik, tenun rancangan Alleira Batik, dan Songket Melayu dari Jeny Tjahyawati.

Seperti apa looks busana yang bakal ditampilkan? Berikut pemaparan selengkapnya.

Motif batik dan tenun

Koleksi Alleira Batik di NYFW Fall Winter 24/25KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi Alleira Batik di NYFW Fall Winter 24/25

Alleira Batik misalnya, bakal menyuguhkan koleksi bertema "Fusion Attractive" yang terinspirasi dari kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Mereka membawa nama harum batik dan tenun untuk dituangkan dalam busana batik ready to wear dengan gaya yang apik.

"Tujuan kami adalah ingin mengenalkan batik Indonesia ke mancanegara dengan ciri khas warna serta inovasi pengambangan design dan motif yang eksklusif," papar Zaka Hamzah, CEO Alleira Batik saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Sebagian dari koleksinya juga berkolaborasi dengan anak down syndrome bernama Kamila dari Yayasan Potads, di mana Kamila membuat karya berupa lukisan yang kemudian dituangkan ke dalam motif busana. 

Sekitar 10 hingga 12 looks busana batik dengan sentuhan ornamen klasik motif batik flora akan dipadukan dengan ragam motif tenun.

Koleksi batik "Fusion Attractive" yang disuguhkan mengusung motif batik yang cukup beragam, tapi secara keseluruhan didominasi motif batik Bali.

Kemudian untuk tenun-nya, Alleira mengombinasikan berbagai motif tenun seperti dari Minahasa dan perpaduan kultur Eropa dengan motif bunga-bunga.

Alleira juga mencoba membuat koleksi ini tampak unik dengan siluet yang simpel.

Setiap koleksinya dalam balutan detail siluet ready to wear seperti dress, blouse, rok midi dan beberapa busana simpel berupa chic drapery yang didominasi oleh warna hitam, biru dan putih.

Ada pula beberapa pilihan warna lain yang lebih playful seperti krem, hijau, coklat, terakota,

Kemudian ada juga koleksi busana ready to wear tenun yang dikemas dalam nuansa kekinian sepeti siluet asimetris, flowy dan beberapa aksen pleats yang lagi nge-tren.

Baca juga: Intip 5 Karya Desainer Indonesia yang Bakal Tampil di NYFW

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com