Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2024, 11:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikah merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan. Namun, untuk membuat pesta pernikahan, tentunya membutuhkan dana yang tak sedikit. 

Jika tak direncanakan dengan baik, bisa-bisa kamu kekurangan dana, hingga harus cari pinjaman sana-sini. Hal itu nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan finansialmu di masa mendatang.

Agar terhindar dari hal tersebut, kamu harus punya perencanaan dana atau budgeting biaya pernikahan yang baik. 

Lantas, sebaiknya, kapan waktu yang ideal untuk mulai menyiapkan biaya pernikahan? 

Baca juga: Trik Hemat Biaya Nikah agar Calon Pengantin Tak Boncos

Baca juga: Perkiraan Biaya Pernikahan, dari di Gedung hingga Intimate

Satu tahun sebelum pesta pernikahan

Head of Marketing Bridestory Natasza Kurniawan saat sesi Media Tour di hari pertama Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Head of Marketing Bridestory Natasza Kurniawan saat sesi Media Tour di hari pertama Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024).

Menurut Head of Marketing Bridestory Natasza Kurniawan, perencanaan biaya pernikahan atau budgeting pernikahan harus disiapkan satu tahun sebelum hari pernikahan. 

“Satu tahun (sebelum hari H pernikahan) itu sudah paling ideal, mentok maksimal 6 bulan sebelum (hari H) lah ya, kalau terlalu mepet kesannya nanti terlalu terburu-buru,” kata Natasza kepada Kompas.com saat ditemui di pameran Bridestory Market 2024, Kamis (1/2/2024). 

Lebih lanjut, Natasza juga mengatakan bahwa waktu tersebut sudah termasuk calon pengantin untuk mem-booking setiap vendor yang dibutuhkan dalam pesta pernikahannya. 

“Kalau budgeting sudah terencana, artinya dalam rentang satu tahun itu, calon pengantin sudah bisa sekalian sambil jalan booking-booking yang dibutuhkan. Misalnya venue, dan katering. Dua hal itu sih yang harus di-book duluan, biar yang lainnya tinggal menyesuaikan,” jelasnya. 

Baca juga: Perkiraan Biaya Pernikahan, dari di Gedung hingga Intimate

Calon pengantin harus aktif ke pameran wedding

Salah satu gaun pengantin yang dipamerkan di Bridestory Market 2024KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Salah satu gaun pengantin yang dipamerkan di Bridestory Market 2024

Perempuan yang akrab disapa Sasa itu juga menyarankan agar calon pengantin aktif datang ke pameran wedding untuk mencari vendor-vendor yang sekiranya dibutuhkan dalam pesta pernikahan. 

Tak hanya itu, biasanya di pameran wedding juga menyediakan promo-promo spesial yang hanya bisa didapat di event tersebut. 

“Sebetulnya, event seperti Bridestory Market ini memudahkan para calon pengantin untuk mewujudkan dream wedding mereka. Sebaiknya, sering-sering datang ke pameran seperti ini, sih, karena selain untuk mencari vendor, bisa dapat promo juga untuk menghemat pengeluaran,” tutur Sasa. 

Disarankan menggunakan jasa wedding planner

Dalam hal ini, Sasa juga sempat menyinggung soal jasa wedding planner untuk pernikahan. 

“Kalau kamu calon pengantin yang dua-duanya pekerja kantoran, nggak punya waktu untuk mengurus urusan pernikahan, aku sarankan pakai jasa wedding planner sih. Jadi kalau budgeting sudah tersusun, langsung cari wedding planner aja, untuk menyiapkan pernikahan kamu,” tutur Sasa saat diwawancarai Kompas.com

Sasa menjelaskan, wedding planner berfungsi untuk mengurus setiap keperluan yang berkaitan dengan pesta pernikahan. 

“Mereka (wedding planner) yang bakal ngasih plan ini-itu sampai hari H pernikahan kamu,” pungkasnya.

Baca juga: Survei: Pernikahan Modern Diminati Tahun 2024

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com