Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Kamu Mengetahui Sudah Menemukan Cinta Sejati?

Kompas.com - 03/02/2024, 13:00 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Memilih pasangan hidup sejati kadang bukan perkara mudah. Masalahnya, banyak orang cenderung jatuh cinta pada penampilan fisik, kecantikan, ketampanan, dan juga kekayaan.

Padahal, hal-hal tersebut tidak selalu menentukan kebahagiaan dalam perkawinan. Ada beberapa hal lain yang dianggap lebih penting saat dua manusia berjanji untuk menghabiskan hidup bersama.

Lalu, apa yang membedakan cinta sejati dengan cinta karena penampilan dan kekayaan semata? Apakah kita benar-benar harus memiliki nilai dan pandangan yang sama dengan pasangan? 

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Orang Cerdas Sulit Mendapat Cinta Sejati

Tanda cinta sejati

Memang cinta itu rumit, jadi kita bisa melihat lima tanda utama bahwa kamu telah menemukan pasangan sejati.

1. Memiliki hubungan fisik dan emosional yang kuat

Untuk menjalin hubungan yang penuh cinta, penting untuk tidak hanya memiliki ketertarikan fisik terhadap satu sama lain, tetapi juga terhubung pada tingkat emosional. 

Lee Phillips, LCSW, seorang psikoterapis dan terapis seks, percaya bahwa ini adalah tanda pertama yang menunjukkan hubungan yang sukses dan langgeng.

“Ketika orang telah menemukan cinta dalam hidupnya, pasti ada hubungan emosional dan fisik,” katanya pada Best Life.

"Hubungan emosional biasanya tumbuh seiring waktu. Ini mungkin termasuk berbagi hal-hal paling intim, memahami ketakutan dan kebutuhan terdalam pasangan, dan hal-hal yang bisa membuat mereka merasa iri dan marah."

Dalam hal kedekatan fisik, Phillips menekankan pentingnya "memuji penampilan pasangan, menyukai cara mereka menyentuh, dan saling memberi dan menerima kepuasan seksual".

Jika hubungan emosional dan fisik mulai luntur dalam hubungan, jangan khawatir! Phillips mengatakan, kita tidak perlu terburu-buru. “Hal ini akan berkembang seiring berjalannya waktu berkencan,” katanya.

"Semakin banyak waktu yang dihabiskan dua orang bersama, semakin dekat mereka secara emosional dan fisik."

Baca juga: 6 Cara Temukan Cinta Sejati dalam Hidup...

2. Pasangan merasa nyaman di dekatmu

Orang-orang sering berkata, "rumah adalah tempat hati berada", dan hal ini sangat benar ketika kamu ingin menemukan cinta sejati. Jaime Bronstein, terapis hubungan dan penulis MAN*ifesting, memberi tahu kita bahwa jika kamu dan pasangan memandang satu sama lain sebagai "rumah", ini adalah tanda cinta abadi.

“Saat kamu menemukan cinta sejati, kamu akan merasakan perasaan akrab yang indah dengan orang tersebut,” katanya. “Meskipun terdengar klise, kamu juga akan merasa seperti sudah mengenal mereka lama. Kamu merasakan ketenangan saat berada di dekat mereka.”

Sam Whittaker, pakar kencan dan editor di Mantelligence, menyatakan setuju. “Saat jatuh cinta, wajar jika merasa gugup saat bersama,” ujarnya. "Gairah juga biasa terjadi pada awalnya. Namun, ketika kamu menemukan seseorang yang membuatmu merasa aman dan terlindungi, itu artinya kamu menemukan orang yang tepat."

Ilustrasi Pasangan. DOK. Freepik.com Ilustrasi Pasangan.

3. Memiliki nilai-nilai yang sama

Megan Harrison, seorang terapis pernikahan, menyebutkan bahwa memiliki nilai-nilai yang sama dengan pasangan adalah penting jika kamu ingin menjalin hubungan dalam jangka panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com