Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinta Saja Tak Cukup, Ini 5 Kunci Pernikahan Bahagia

Kompas.com - 16/11/2023, 11:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kita mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana beberapa orang yang sudah menikah selama puluhan tahun, masih terlihat bahagia seperti pada hari pernikahan mereka.

Menurut seorang terapis pernikahan dan keluarga sekaligus penulis buku Paul Hokemeyer, PhD, pasangan-pasangan bahagia ini memiliki beberapa rahasia.

"Selama ini saya telah menjadi penonton dari apa yang bisa dan tidak bisa membuat cinta bertahan lama," katanya.

"Dan meskipun intensitas seksual memang berkurang seiring usia, namun kekuatan cinta dapat tumbuh lebih kuat ketika pasangan memberi perhatian untuk menumbuhkan sifat-sifat tertentu dalam hubungan mereka," ungkap Paul.

Baca juga: 27 Tahun Menikah, Jeremy Thomas Ungkap Rahasia Pernikahan Langgeng dengan Ina Thomas

Kunci pernikahan yang bahagia dan langgeng

Lebih lanjut, Paul pun membagikan beberapa kunci pernikahan yang bahagia dan langgeng, sebagaimana dikutip dari laman Best Life berikut ini.

1. Saling menghormati

Menurut Paul, terlepas dari orientasi seksual, ras, usia, agama, atau ciri khas lain dari suatu pasangan, satu hal yang membuat mereka tetap sehat, bahagia, dan saling mencintai adalah rasa hormat yang dalam terhadap pasangan.

"Dari mana pun mereka berasal, ke mana pun mereka akan pergi, dan di mana pun mereka berada saat ini, saling menghormati beperan penting dalam sebuah hubungan pernikahan," tuturnya.

2. Rasa ingin tahu

Pasangan yang tetap bahagia bersama tidak pernah kehilangan rasa ingin tahu mereka akan dunia yang mereka tinggali, satu sama lain, atau diri mereka sendiri.

"Rasa ingin tahu adalah hal yang membuat pasangan bisa bangun dari tempat tidur setiap pagi dan menantikan apa yang bisa mereka temukan hari itu," jelas Paul.

Baca juga: 4 Fakta Kehidupan Seks Suami-Istri, Orgasme Bukan Keharusan

3. Punya selera humor yang baik

Pasangan yang tertawa bersama, akan terus bersama.

"Menjadi bahagia dalam jangka waktu yang lama membutuhkan melihat banyaknya humor dalam tantangan dan kelesuan hidup," ungkap Paul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com