Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2024, 06:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Tahun Baru Imlek 2024 jatuh pada Sabtu 10 Februari. Salah satu yang menjadi tradisi saat memasuki tahun baru China adalah mengenakan pakaian berwarna merah.

Hal ini dikarenakan merah dianggap sebagai warna keberuntungan. Sementara warna seperti hitam dan putih tidak dianjurkan lantaran dianggap sebagai pakaian berduka atau kematian, sehingga diasosiasikan sebagai warna yang tidak beruntung.

Baca juga:

Namun, selain warna, ada pula tradisi lainnya yang diterapkan masyarakat Tionghoa saat tahun baru, yakni membeli atau memakai pakaian baru. Apa alasannya? Berikut ulasan singkatnya.

Kenapa harus beli baju baru saat Imlek?

Pada masa lalu, pakaian baru biasanya dibuat oleh para ibu atau istri, biasanya dengan cara dijahit menjadi pakaian baru dan akan dikenakan oleh seluruh keluarga jelang Tahun Baru China, seperti dikutip dari China Highlights.

Secara simbolis, pakaian baru sejalan dengan banyak aspek nilai, seperti menekankan nilai perubahan, awal yang baru, dan meninggalkan yang lama.

Dulunya, hal biasa jika orang-orang memiliki satu atau dua set pakaian baru untuk sepanjang tahun dan momen untuk memakainya adalah Tahun Baru Imlek.

Baca juga:

Pakaian baru utamanya dipakai pada hari pertama tahun baru. Tidak ada ketentuan khusus mengenai jenis pakaiannya, asalkan cantik dan gaya.

Adapun pakaian tradisional yang dimaksud seperti baju tang yakni jaket pria dengan kerah terbalik khas dari Dinasti Tang (618-907) atau qipao yakni gaun ketat untuk wanita dari Dinasti Qing (1644-1912).

Kedua pakaian ini biasanya terbuat dari sutra dan memiliki warna-warna cerah serta desain yang rumit, khas tradisional Tiongkok.

Pilihan lain yang dapat digunakan oleh orang tua adalah pakaian tradisional Zhongshan, pakaian yang dinamai sesuai nama presiden pertama China Sun Zhongshan atau Sun Yat-sen.

Namun, tentu saja, ada berbagai jenis pakaian tradisional lain yang khusus dipakai untuk daerah atau kelompok etnis yang berbeda.

Baca juga:

Secara umum, tidak masalah mengenakan jenis pakaian apapun, termasuk jika ingin memilih kaus, jeans, dan topi kasual, selama semuanya baru dan tidak usang.

Saat ini, tradisi menggunakan pakaian baru mungkin masih dilakukan oleh para orang tua dan bagi kalangan usia lainnya sedikit bergeser menjadi berbelanja barang baru. Tidak hanya pakaian, tetapi juga pernak-pernik mewah dan makanan mahal, seperti dikutip dari USA Today.

@kompas.lifestyle Senin (15/1/2024) kemarin, Kompas.com berkesempatan untuk ngeliput runway peluncuran koleksi terbaru Sebastian Gunawan Signature, edisi Chinese New Year 2024. Kayak gimana sih vibe liputan fashion show kayak gini? Yuk tonton POV liputan fashion Kompas Lifestyle sampai habis! #fashion #fashionshow #cny2024 #imlek ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com